Analisis Efektivitas Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan pada Mr.BrownCo, Bogor.
View/Open
Date
2017Author
Ramadhinta, Eksita Mariz
Siregar, Edward H.
Metadata
Show full item recordAbstract
Bisnis kue berbahan dasar tepung talas seperti lapis talas menjadi prospek bisnis
yang baik untuk dilakukan. Adanya peluang bisnis baru yang dimanfaatkan untuk
membuat kue berbahan dasar tepung singkong yang diolah menjadi brownies. Bulan
Februari dan bulan Maret tahun 2016 mengalami penurunan penjualan, sehingga
berinisiatif melakukan kegiatan promosi dalam bentuk promosi penjualan di bulan Maret
tahun 2016 dengan bentuk pembelian dua produk sekaligus mendapatkan potongan harga
serta diskon 20%. Hasilnya pada bulan Maret semakin menurun dikarenakan konten atau
isi dari promosi penjualan tersebut kurang dapat menarik konsumen. Penelitian ini
bertujuan 1) mengidentifikasi jenis kegiatan promosi yang dilakukan Mr.BrownCo, 2)
menganalisis efektivitas promosi Mr.BrownCo, 3) mengidentifikasi apa saja produk yang
banyak terjual di Mr.BrownCo. Hasil dari perhitungan EPIC termasuk dalam kriteria
efektif, artinya bahwa untuk kegiatan promosi baik, promosi mudah dimengerti,
konsumen menyukai kegiatan promosi, promosi memberikan pengetahuan produk,
penjelasan bahan baku dan dapat mengkomunikasikan pesan dengan jelas serta ringkas.
Dimensi persuasif menghasilkan skala cukup efektif, artinya bahwa masih kurangnya
promosi yang informative dan kreatif. Hasil analisis dengan DRM, diperoleh skala baik
variabel perhatian, pemahaman, respon kognitif dan afektif serta sikap terhadap promosi
berpengaruh baik bagi konsumen.
Collections
- UT - Management [3498]