Analisis Efisiensi Pemasaran Jambu Kristal di Desa Cikarawang Kecamatan Dramaga, Bogor
Abstract
Salah satu hal yang berpengaruh terhadap besar kecilnya pendapatan
petani adalah pola pemasaran hasil panen petani. Jumlah lembaga pemasaran yang
terlibat dalam proses pemasaran akan menentukan besarnya biaya pemasaran serta
panjang pendeknya rantai pemasaran yang terbentuk. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengidentifikasi pelaku-pelaku pemasaran, saluran pemasaran, dan fungsifungsi
pemasaran, serta menganalisis efisiensi saluran pemasaran jambu kristal
dengan menggunakan 3 indikator, yaitu margin pemasaran, farmer’s share, dan
rasio keuntungan atas biaya pemasaran. Metode penentuan petani responden
dilakukan dengan menggunakan metode sensus, sedangkan penentuan lembaga
pemasaran dilakukan dengan metode snawball sampling. Hasil penelitian ini
menyatakan terdapat sembilan saluran pemasaran yang terbentuk, terdiri dari
enam saluran pemasaran mitra dan tiga saluran pemasaran non mitra. Saluran
pemasaran yang paling efisien secara relatif adalah saluran 1, saluran 2, dan
saluran 8.
Collections
- UT - Agribusiness [4649]