Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Karakter Social Entrepreneur Pada Kader Posdaya Di Kota Bogor
Abstract
Social Entrepreneur adalah individu yang memiliki solusi inovatif untuk
mengatasi masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Bentuk social entrepreneur
di masyarakat salah satunya ada pada kader Posdaya (Pos Pemberdayaan
Keluarga). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor
pembentuk karakter social entrepreneur pada kader Posdaya dan mengetahui
hubungan karakter social entrepreneur dengan kinerja Posdaya di Kota Bogor.
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Rank Spearman dan Chi
Square. Hasil penelitian menyatakan bahwa karakter social entrepreneur pada
kader Posdaya dibentuk oleh faktor internal pekerjaan dan lamanya menjadi kader
Posdaya. Sedangkan faktor eksternal pembentuk karakter social entrepreneur
meliputi tingkat kuantitas penyuluhan, tingkat kuantitas pelatihan, jumlah bantuan
modal, tingkat kuantitas arisan, tingkat kuantitas majelis ta‟lim dan tingkat
kuantitas gotong royong memiliki korelasi yang signifikan pada taraf nyata 5
persen. Karakter social entrepreneur pada kader Posdaya di Kota Bogor memiliki
hubungan yang signifikan dengan P-value 0,033 pada taraf nyata 5 persen dan
berhubungan postitif dengan kinerja Posdaya.
Collections
- UT - Agribusiness [4618]