Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Bauran Pemasaran Restoran Terminal O Bogor Untuk Menentukan Strategi Pemasaran.
Abstract
Peningkatan jumlah restoran di Kota Bogor menyebabkan persaingan antar pelaku bisnis restoran semakin tinggi. Terminal O merupakan restoran yang baru berdiri di Kota Bogor. Sebagai restoran baru, Terminal O memerlukan strategi pemasaran agar dapat bersaing dan bertahan dalam jangka panjang. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk menyusun strategi pemasaran melalui identifikasi segmentasi, targetting, dan positioning berdasarkan persepsi konsumen. Metode yang digunakan adalah tabulasi silang, analisis klaster dan biplot dengan sampel responden sebanyak 74 orang. Hasil Tabulasi silang menunjukkan bahwa karakteristik konsumen (usia dan pekerjaan), berhubungan dengan kesan dan minat untuk mengunjungi kembali restoran. Analisis klaster menghasilkan tiga segmen pasar, segmen pasar terbesar adalah responden yang berusia 17–22 tahun dan berstatus sebagai pelajar/mahasiswa. Positioning untuk Restoran Terminal O sebagai restoran yang nyaman dan modern serta memiliki cita rasa makanan yang baik dan pelayanan yang ramah dan sopan. Strategi yang dapat dilakukan oleh Terminal O berdasarkan STP adalah melakukan penyesuaian harga dengan karakteristik konsumen, menggunakan media sosial sebagai saluran promosi, dan berupaya meningkatkan kualitas produk, dan melakukan diversifikasi produk.
Collections
- UT - Management [3455]