Kesiapan Konsumen Muda Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015
Abstract
Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 merupakan salah satu bentuk kerjasama negara-negara anggota ASEAN yang didasarkan pada empat pilar utama salah satunya adalah perdagangan bebas ASEAN yang membawa banyak barang/jasa masuk dalam pasar lokal. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh ethnosentrisme, pengetahuan, persepsi, dan sikap terhadap kesiapan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Disain penelitian ini menggunakan cross sectional study dengan metode survei. Penelitian ini melibatkan 205 mahasiswa S1 Institut Pertanian Bogor yang dipilih secara multistage random sampling. Analisis statistik yang digunakan adalah uji beda independent t-test, uji korelasi Pearson, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan nyata antara laki-laki dan perempuan dalam hal ethnosentrisme, pengetahuan, persepsi, sikap, dan kesiapan dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. Ethnosentrisme, pengetahuan, persepsi, dan sikap berpengaruh secara positif dan nyata terhadap kesiapan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.