Pengaruh Sosialisasi Emosi Dan Kecerdasan Emosi Terhadap Perilaku Agresi Anak Usia Sekolah Pada Keluarga Perdesaan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sosialisasi emosi dan
kecerdasan emosi terhadap perilaku agresi anak usia sekolah. Lokasi penelitian
terletak di Desa Ciasmara dan Desa Ciasihan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten
Bogor. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study. Contoh
penelitian ini adalah keluarga lengkap yang memiliki anak usia sekolah. Sebanyak
100 anak dipilih dengan menggunakan teknik acak proporsional, pada dua sekolah
terpilih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi emosi berhubungan
positif dengan kecerdasan emosi. Kecerdasan emosi memiliki hubungan negatif
signifikan dengan perilaku agresi. Hasil lain menunjukkan bahwa dimensi
penerimaan pada sosialisasi emosi, dimensi kesadaran diri dan pengaturan diri
pada kecerdasan emosi berpengaruh negatif signifikan terhadap perilaku agresi
anak usia sekolah pada keluarga perdesaan.