Show simple item record

dc.contributor.advisorMunandar, Jono M
dc.contributor.advisorSyamsun, Muhammad
dc.contributor.authorAftika, Yuhanna
dc.date.accessioned2016-12-28T03:18:36Z
dc.date.available2016-12-28T03:18:36Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/82354
dc.description.abstractPegawai sebagai sumber daya manusia yang dimiliki institusi adalah manusia yang mempunyai sifat kemanusiaan, perasaan dan kebutuhan yang beraneka ragam. Salah satu masalah pokok dalam manajemen sumber daya manusia adalah bagaimana mencari cara yang terbaik untuk mencapai kinerja pegawai yang optimal. Penelitian ini dilakukan di Institut Pertanian Bogor (IPB), yang bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang terkait faktor individu, faktor psikologi, dan faktor organisasi yang mempengaruhi kinerja, menganalisis faktor-faktor tersebut baik secara langsung maupun tidak langsung dan menganalisis faktor dominan secara keseluruhan yang mempengaruhi kinerja tenaga kependidikan di IPB. Responden dalam penelitian ini sebanyak 150 orang dengan teknik penarikan sampel menggunakan proportional random sampling. Analisis data yang digunakan meliputi analisis deskriptif responden, uji tabulasi silang dengan metode chi square, dan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa faktor individu berpengaruh secara langsung yang dicerminkan oleh 4 (empat) indikator utama yaitu : pelatihan meningkatkan keterampilan, pengalaman kerja menentukan karir pekerjaan, latar belakang keluarga mendukung karir dan pekerjaan di organisasi, dan usia berpengaruh terhadap pola pikir dalam pengambilan keputusan pegawai. Pada model pengaruh tidak langsung indikator yang dicerminkan oleh faktor individu menunjukkan bahwa variabel laten faktor individu dicerminkan oleh 3 (tiga) indikator utama, yaitu pelatihan meningkatkan keterampilan, Latar belakang keluarga mendukung karir dan pekerjaan di organisasi, dan usia berpengaruh terhadap pola pikir dalam pengambilan keputusan pegawai. Sedangkan faktor psikologi yang dicerminkan oleh indikator proses pembelajaran dan motivasi dipengaruhi faktor individu dan organisasi sehingga secara langsung dan tidak langsung berpengaruh terhadap kinerja tenaga kependidikan di IPB. faktor organisasi pada model pengaruh langsung dan tidak langsung dicerminkan oleh 7 (tujuh) indikator yang sama yang menggambarkan 3 (tiga) dimensi faktor yang mempengaruhi kinerja yaitu sumber daya, struktur kerja, dan budaya organisasi. Secara keseluruhan faktor dominan yang mempengaruhi kinerja tenaga kependidikan di Institut Pertanian Bogor (IPB) tidak hanya dilihat dari pengaruh secara langsung tapi juga dari faktor yang didukung oleh faktor lain secara tidak langsung, yaitu faktor individu.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultral University (IPB)id
dc.subject.ddcEmploymentid
dc.subject.ddcPerformanceid
dc.subject.ddc2008id
dc.subject.ddcBogor-Jawa Baratid
dc.titleFaktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Tenaga Kependidikan Di Institut Pertanian Bogorid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordfaktor individuid
dc.subject.keywordfaktor psikologiid
dc.subject.keywordfaktor organisasiid
dc.subject.keywordkinerja pegawai.id


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record