dc.contributor.advisor | Riyanto, Sutisna | |
dc.contributor.author | Ibtisamah, Syifa | |
dc.date.accessioned | 2016-11-14T06:33:55Z | |
dc.date.available | 2016-11-14T06:33:55Z | |
dc.date.issued | 2016 | |
dc.identifier.uri | http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/81954 | |
dc.description.abstract | Iklan layanan Masyarakat (ILM) adalah iklan non-komersil yang
ditayangkan di radio atau televisi untuk menyampaikan pesan sosial. Gerakan
nasional revolusi mental adalah salah satu program pemerintah yang
disosialisasikan melalui ILM yang berperan untuk memersuasi masyarakat
meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dan berperilaku sesuai nilai-nilai
luhur di Indonesia. Penelitian ini melibatkan petani sebagai subjek penelitian.
Metode yang digunakan adalah eksperimental dengan desain one group pretest
posttest dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pesan ILM
revolusi mental dalam meningkatkan pengetahuan serta mengarahkan sikap
masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan pesan ILM revolusi mental dapat
meningkatkan pengetahuan, namun belum mampu mengarahkan sikap. ILM
revolusi mental efektif untuk menjangkau petani yang berbeda karakteristik
personal, karena tidak terdapat hubungan antara karakteristik individu dan
keterdedahan informasi dengan peningkatan pengetahuan dan sikap. | id |
dc.language.iso | id | id |
dc.publisher | Bogor Agricultral University (IPB) | id |
dc.subject.ddc | Communication and community development | id |
dc.subject.ddc | Mass communication | id |
dc.title | Efektivitas Pesan Iklan Layanan Masyarakat Gerakan Nasional Revolusi Mental Di Kalangan Petani | id |
dc.type | Undergraduate Thesis | id |
dc.subject.keyword | efektivitas pesan | id |
dc.subject.keyword | iklan layanan masyarakat | id |
dc.subject.keyword | kelompok tani | id |
dc.subject.keyword | revolusi mental | id |