Show simple item record

dc.contributor.advisorPalupi, Nurheni Sri
dc.contributor.advisorGiriwono, Puspo Edi
dc.contributor.authorPuspitalena Rtr, Ayu
dc.date.accessioned2016-08-30T04:04:18Z
dc.date.available2016-08-30T04:04:18Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/81408
dc.description.abstractSaat ini belum diketahui peranan klaim gizi dan kesehatan sebagai sarana edukasi dan penentu keputusan pembelian. Penelitian bertujuan mengidentifikasi klaim gizi dan kesehatan pada label produk susu pertumbuhan untuk anak usia 1 - 3 tahun, mengkaji peranan klaim gizi dan kesehatan pada label produk susu pertumbuhan sebagai sarana edukasi dan penentu keputusan pembelian serta menganalisis hubungan profil responden yang berpengaruh. Penelitian dilakukan dengan metode survei, data dianalisis secara deskriptif dan statistik. Klaim gizi dan kesehatan yang paling banyak digunakan pada label, yaitu untuk klaim gizi, terdiri dari “dengan prebiotik/inulin/FOS/GOS (55.6%)”, “dengan vitamin (55.6%)”, “dengan mineral (55.6%)”. Untuk klaim kesehatan yang terbanyak adalah klaim fungsi gizi yang meliputi fungsi kalsium berperan dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi (55.6%). Klaim gizi dan kesehatan mempunyai peranan sebagai sarana edukasi bagi konsumen sebesar 14%. Namun sebesar 86% edukasi dipengaruhi oleh faktor lain yang diperoleh dari faktor luar antara lain dari iklan, internet atau pada saat sekolah. Klaim gizi dan kesehatan mempunyai peranan sebagai penentu keputusan pembelian bagi konsumen yaitu sebesar 24%. Adapun sebesar 76% keputusan pembelian dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti cocok dengan anak, kandungan gizi, rasa yang enak ataupun harganya. Klaim gizi dan kesehatan lebih mempunyai peranan sebagai penentu keputusan pembelian daripada sebagai sarana edukasi. Peranan klaim gizi dan kesehatan sebagai sarana edukasi dipengaruhi oleh faktor usia, pendidikan, pengeluaran keluarga per bulan dan pengeluaran untuk susu per bulan. Sedangkan faktor lain yang meliputi pekerjaan, jumlah anak, lokasi pembelian, dan frekuensi pembelian tidak mempengaruhi terhadap peran klaim gizi dan kesehatan sebagai sarana edukasi. Peranan klaim gizi dan kesehatan sebagai penentu keputusan pembelian dipengaruhi oleh faktor pendidikan, pengeluaran keluarga per bulan dan pengeluaran untuk susu per bulan. Adapun faktor lain yang meliputi usia, pekerjaan, jumlah anak, lokasi pembelian, dan frekuensi pembelian tidak mempengaruhi terhadap peran klaim gizi dan kesehatan sebagai penentu pembelian.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricutural University (IPB)id
dc.subject.ddcFood Technologyid
dc.subject.ddc2015id
dc.subject.ddcJakartaid
dc.titleKlaim Gizi Dan Kesehatan Pada Label Produk Susu Pertumbuhan Dan Peranannya Sebagai Sarana Edukasi Dan Penentu Keputusan Pembelianid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordlabelid
dc.subject.keywordsusu pertumbuhanid
dc.subject.keywordklaim gizi dan kesehatanid
dc.subject.keywordsarana edukasiid
dc.subject.keywordkeputusan pembelianid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record