Analisis Karakteristik Dan Perilaku Wanita Wirausaha
Abstract
Adanya krisis ekonomi merupakan akibat dari pertumbuhan ekonomi dunia
yang menurun sehingga menyebabkan timbulnya masalah pengangguran. Salah
satu solusinya yaitu dengan jalur wirausaha. Kewirausahaan merupakan salah satu
faktor pendorong kemajuan perekonomian Indonesia. Hal tersebut tidak hanya
dilakukan oleh pria saja, wanita juga. Saat ini, peranan wanita wirausaha memang
masih menjadi minoritas, namun perkembangan wirausaha dalam suatu negara
tidak lepas dari partisipasi dan peran wanita. Peran tersebut dimainkan oleh
keberadaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yaitu warung
kelontong. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis karakteristik personal,
karakter wanita, dan perilaku wanita wirausaha serta menganalisis hubungan
antara karakteristik personal, karakter wanita dengan perilaku wanita wirausaha.
Metode pengumpulan sampel yaitu snowball dan quota sampling. Instrumen yang
digunakan adalah kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah deskriptif, Chi-
Square dan Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
karakter wanita yang memiliki hubungan signifikan dengan perilaku wanita
wirausaha pada taraf nyata 0.01 dan 0.05. Sedangkan, hanya beberapa
karakteristik personal yang memiliki hubungan nyata dengan perilaku wanita
wirausaha.
Collections
- UT - Agribusiness [4618]