Efektivitas Pameran Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Bogor
Abstract
Peningkatan jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia sebanyak 2.41 persen dari tahun 2012 ke 2013 merupakan landasan bagi pemerintah untuk memperhatikan jenis usaha yang memberikan kontribusi pada sektor perdagangan untuk pertumbuhan ekonomi negara ini. Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah untuk melangsungkan kegiatan komunikasi pemasaran produk kerajinan UMKM dari setiap daerah. Pameran merupakan alat promosi andalan yang dilakukan oleh Dekranasda mengingat karakteristik produk yang dijual dan target pembeli yang akan dicapai. Metode pemilihan responden menggunakan teknik accidental sampling sejumlah 90 responden. Penelitian yang dilakukan di Mal Botani Square Bogor ini dilakukan dengan metode kuantitatif didukung pendekatan kualitatif. Komponen efektivitas yang digunakan adalah daya tarik (attraction), pemahaman (comprehension), penerimaan (acceptability), dan dorongan bertindak (persuation) dan diukur dengan karakteristik pengunjung. Keempat komponen dapat dikatakan sudah cukup baik, akan tetapi perlu dilakukan beberapa perbaikan agar pelaksanaan pameran dapat berlangsung lebih efektif.