Analisis Pemasaran Manggis (Garcinia Mangostana L.) Di Desa Jugalajaya, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor
View/Open
Date
2016Author
Herdian, Firdaus
Hadianto, Adi
Dewi Raswatie, Fitria
Metadata
Show full item recordAbstract
Manggis merupakan komoditas hortikultura unggulan Indonesia. Kabupaten Bogor merupakan salah satu sentra produksi buah manggis. Desa Jugalajaya, Kecamatan Jasinga merupakan salah satu sentra produksi buah manggis.. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi pemasaran manggis dengan melihat a) saluran, fungsi, dan lembaga pemasaran b) efisiensi pemasaran berdasarkan marjin pemasaran, farmer’s share, rasio keuntungan dan biaya. Penelitian dilakukan pada 21 petani responden dengan purposive sampling dan 12 pedagang dengan metode snowball sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk menganalisis saluran, lembaga dan fungsi pemasaran. Analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis marjin pemasaran, farmer’s share, rasio keuntungan dan biaya. Hasil penelitian menunjukkan 5 saluran yang mempunyai fungsi pemasaran yang hampir sama. Saluran yang paling efisien adalah saluran pemasaran 1 berdasarkan kriteria marjin pemasaran sebesar Rp 7.000,00 per kilogram, farmer’s share sebesar 22,22 persen, rasio keuntungan dan biaya total sebesar 6,93.