dc.description.abstract | Produksi dan permintaan Anggrek Vanda douglas yang meningkat
merupakan peluang agribisnis Anggrek Vanda douglas yang menjanjikan. Namun
fluktuasi harga menyebabkan ketidakpastian dan risiko yang dihadapi baik oleh
petani maupun pedagang sebagai lembaga pemasaran. Tujuan penelitian ini
adalah menganalisis saluran pemasaran, lembaga pemasaran, fungsi pemasaran,
struktur pasar, perilaku pasar dan keragaan pasar berdasarkan marjin pemasaran,
farmer’s share dan rasio keuntungan terhadap biaya pemasaran. Pengambilan
sampel dilakukan dengan dua cara yaitu teknik purposive sampling dilakukan
pada 30 petani responden dan snowball sampling pada lembaga pemasaran. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat saluran pemasaran Anggrek Vanda
douglas di Kecamatan Pamulang. Lembaga pemasaran yang terlibat antara lain
petani, pedagang pengumpul desa, pedagang besar dan pedagang pengecer.
Jumlah Anggrek Vanda douglas di Kecamatan Pamulang yang dijual pada bulan
April sampai Juni 2015 adalah sebanyak 326 700 tangkai. Saluran pemasaran IV
mendapatkan nilai persentase marjin pemasaran 56.92 persen. Saluran pemasaran
IV juga mendapatkan nilai farmer’s share tertinggi dengan nilai 43.08 persen.
Sedangkan rasio keuntungan terhadap biaya pemasaran tertinggi terdapat pada
saluran pemasaran IV dengan nilai 6.58. | id |