ANALISIS RANTAI NILAI PEMASARAN KENTANG GRANOLA DI KECAMATAN PANGALENGAN KABUPATEN BANDUNG JAWA BARAT
Date
2015-02-24Author
Sinaga, Vela Rostwentivaivi
Fariyanti, Anna
Tinaprilla, Netti
Metadata
Show full item recordAbstract
Pangalengan adalah sentra produksi kentang di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Walaupun produksi kentang tinggi dan sebagai komoditi unggulan di Pangalengan, terdapat beberapa permasalahan yaitu fluktuasi harga serta terbatasnya informasi pasar. Sulitnya petani dalam mengontrol harga di pasar membuat harga jual kentang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menganalisis rantai nilai pemasaran kentang granola, 2) memberikan rekomendasi kebijakan rantai nilai pemasaran di Pangalengan. Metode penelitian ini menggunakan rantai nilai Porter yang menggambarkan dua aktivitas, yaitu aktivitas primer dan aktivitas pendukung. Kedua aktivitas ini akan menghasilkan marjin pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi petani kentang adalah sebagai penerima harga, kurangnya peranan kelembagaan dan pemerintah dalam pemasaran kentang granola, terbatasnya pengolahan kentang segar, serta keuntungan yang didapat oleh setiap lembaga pemasaran masih tergolong rendah. Saran penelitian adalah perlunya peningkatan peran kelembagaan, pemerintah dan kerjasama antar pelaku usaha.
Collections
- Proceedings [2790]