Pengembangan Pasar Produk Softcandy Buah Nenas Dan Pepaya
Abstract
Tingkat konsumsi buah masyarakat Indonesia masih tergolong rendah dari rekomendasi FAO. Pola konsumsi buah di keluarga perlu dikaji untuk melihat seberapa pentingnya permasalahan tersebut sehingga mempengaruhi pola konsumsi buah sehari-hari. Model bisnis produk Softcandy buah nenas dan papaya dibangun sebagai solusi dari permasalahan pelanggan yang teridentifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kanvas model bisnis dengan pendekatan riset aksi untuk Softcandy buah Nenas dan papaya. Tahapan penelitian meliputi perancangan hipotesis model bisnis, pengujian masalah, pengujian solusi dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat permasalahan pelanggan yaitu, alur penyajian buah panjang, ketergantungan keluarga kepada ibu dalam penyajian buah, ketersediaan buah yang tidak konstan, dan tidak tersedia waktu untuk selalu menyajikan buah. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa responden setuju bahwa Softcandy dapat menjadi solusi terhadap permasalahan tersebut. Segmen yang dituju yaitu keluarga yang akan melengkapi porsi buah harian.