View Item 
      •   IPB Repository
      • IPB e-Journal
      • Jurnal Manajemen IKM
      • View Item
      •   IPB Repository
      • IPB e-Journal
      • Jurnal Manajemen IKM
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Usaha dan Pengembangan Industri Keeil Berbasis Komllnitas Lokal

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (6.304Mb)
      Date
      2014
      Author
      Singka, Fachry Noviar
      Panjaitan, Nurmala K.
      Muhandri, Tjahja
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Rumah Kreatif Balikpapan (!u<:B) merupak3.n industri kecil batik tulis dan kerajinan daur ulang yang secJang berkembang. lndustri kecil ini melibatkan komunitas lokal yang terdiri dad para penyandang disabilitas dan ibu-ibu rurr.ah tangga. Keberadaan RKB merupakan bentuk kontribusi perusahaan mir,yak dan gas bumi (migas) terhadap masyarakat daerah operasi melalui progJram pemberdayaan masyarakat yang biasa disebut C(lrporate Social Responsibility. Kondisi RKB yang nl.lsih berkembang memerlukan strategi pengembangan usaha yang terarah dan sistematis. Penelitian ini bertujuan mengkaji kondisi usaha, kinerja dan menyusun strategi pengembangan usaha RKBdalam upaya meningkatkan kemandirian dan keberlangsungan usaha. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, focus group discussion dan penggunaan kuesioner kepada 30 responden yang dipihh secara sengaja yang menggunakan produk RKB. Data dianalisis secara deskriptif dan untuk kajian kinerja dianalisis dengan Importance Performance Analysis (IPA). Untuk kajian strategi, data diolah dengan matriks Internal Factor Evaluation (IF E), matriks External Factor Evaluation (EFE), matriks Internal External (IE), ar,alisis matriks Strength, Weakness, Opportunities and T1:reats (SWOT) serta Quantitative Strategy Planning Matrix (QSPM). Hasil pemetaan kin€fja dan kepentingan konsumen menggambarkan RKB perlu meningkatkan alokas: sum/:ler daya memadai untuk pcningkatan kinerja dalam hal harga prod uk, kt!cepatan pemesanan, ketelitian pekerja, penangcman keluhan dan media promosi. Berdasarkal'. analisis SWOT dan QSPM didaputkan prioritaE: strategis pengembangan utama yang diimpler:1entasikan adalah restrukturisasi organisasi dan sis tern ITlanajemen, meningkatkan promosi, menjalin kerja sarna dengan lembaga perbankan, menetapkan strategi harga pasar untuk menghadapi persaingan dan meaingkatkan mutu layanan kepada pelanggan.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/76133
      Collections
      • Jurnal Manajemen IKM [21]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository