Analisis Efektivitas Iklan Televisi Sari Manggis Mastin Dengan Menggunakan Model Aida Dan Epic
Abstract
Mastin adalah ekstrak kulit manggis yang dikemas dalam bentuk serbuk ekstrak kapsul sehingga lebih praktis di konsumsi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan atribut iklan yaitu daya tarik, pesan iklan, slgan dan jingle, visualisasi serta durasi dan frekuensi dengan respon pemirsa berdasarkan metode AIDA (attention, interest, desire, and action) dan menganalisis efektifitas iklan Mastin. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuisioner kepada masyarakat kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, analisis korelasi kanonikal dan EPIC. Berdasarkan hasil analisis korelasi kanonikal, terdapat hubungan antara atribut iklan dengan respon pemirsa terutama pada atribut daya tarik iklan serta slogan dan jingle yang memiliki pengaruh yang kuat terhadap respon pemirsa (AIDA). Untuk hasil EPIC, diperoleh bahwa iklan Mastin cukup efektif dalam mengkomunikasikan iklannya kepada pemirsa dan dalam mempengaruhi keputusan pembelian.
Collections
- UT - Management [3498]