UT - Faculty of Economics and Management: Recent submissions
Now showing items 41-60 of 14486
-
Pengaruh Green Marketing dan Eco Label terhadap Minat Beli Mahasiswa pada Produk Susu UHT
(2025)Sektor industri makanan dan minuman memberikan kontribusi signifikan terhadap masalah lingkungan, terutama dalam hal limbah plastik dari kemasan sekali pakai. Green marketing muncul sebagai promosi komitmen Perusahaan pada ... -
Analisis Kompetensi Lulusan Departemen Manajemen IPB yang Berwirausaha melalui Tracer Study
(2025)Pendidikan tinggi berperan penting dalam menyiapkan lulusan yang kompeten untuk mendukung Indonesia Emas 2045 melalui kewirausahaan. Namun, rendahnya partisipasi lulusan perguruan tinggi dalam kewirausahaan menunjukkan ... -
Pengaruh Environmental Concern, Iklan di Media Sosial dan Theory of Planned Behavior (TPB) Model terhadap Niat Beli Pembalut Kain
(2025)Limbah pembalut sekali pakai menimbulkan masalah lingkungan yang serius. Pembalut kain hadir sebagai alternatif ramah lingkungan, namun tingkat adopsinya masih rendah. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh ... -
Strategi Peningkatan Implementasi Digital Banking dan Kontribusinya terhadap Penurunan Emisi Karbon di Bank Mandiri
(2025)Transformasi digital pada sektor perbankan berpotensi mendukung agenda keberlanjutan melalui pengurangan emisi karbon. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi digital banking Bank Mandiri, menganalisis ... -
Analisis Implementasi Aktivitas Wisata Berbasis Low-Carbon di Taman Wisata Alam Angke Kapuk
(2025)Pariwisata berkontribusi pada emisi gas rumah kaca sehingga penerapan low carbon tourism menjadi penting untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis aktivitas ... -
Pengaruh Faktor Organisasi, Lingkungan, Dan Teknologi Terhadap Keputusan Petani Kopi Arabika Gayo Mengadopsi Sertifikasi Fairtrade Organic
(2025)Sertifikasi Fairtrade Organic (FTO) merupakan skema sertifikasi yang menggabungkan dua sertifikasi penting, sertifikasi Organic dengan prinsip berkelanjutan lingkungan dan sertifikasi Fairtrade keadilan sosial dalam ... -
Kelayakan Finansial dan Keberlanjutan Usaha Ekonomi Sirkular Beras Organik-Kue Bekatul pada Kelompok Tani Parikesit
(2025)Tren hidup sehat mendorong konsumsi pangan organik seperti beras yang menghasilkan bekatul sebagai hasil samping yang kaya nutrisi. Kelompok Tani Parikesit mengolah bekatul menjadi kue bekatul. Penelitian ini bertujuan ... -
Pengaruh Live Streaming, Affiliate Marketing dan Online Customer Review Terhadap Purchasing Decision Produk Sattka Basic (Studi Kasus Customer Engagement Gen Z Pada Aplikasi TikTok).
(2025)Perkembangan teknologi informasi di Indonesia telah meningkatkan penggunaan media sosial TikTok. TikTok telah bertransfromasi menjadi e-commerce melalui TikTok Shop dengan fitur live streaming, affiliate marketing, dan ... -
Priority Analysis of Development Strategies and Program Aspects of Baznas Santripreneur for Improving Participants’ Business Performance
(2025)The Santripreneur Program by BAZNAS is a pesantren-based economic empowerment initiative aimed at enhancing the self-reliance of santri (Islamic boarding school students) through training, mentoring, and business support. ... -
Analisis Pengaruh Kebijakan Moneter terhadap Ketimpangan Pendapatan di Sepuluh Negara G20
(2025)Ketimpangan pendapatan menjadi salah satu tantangan utama dalam pembangunan ekonomi global, termasuk di negara G20. Indeks gini di negara G20 cukup tinggi. Di sisi lain, kebijakan moneter yang difokuskan pada stabilitas ... -
Analisis Pengaruh Sistem Bisnis terhadap Kinerja Keuangan BPR dan BPRS di Kota dan Kabupaten Bogor.
(2025)Penelitian ini bertujuan menganalisis perbandingan kinerja keuangan BPR dan BPRS di Bogor selama periode 2020-2024 dengan pendekatan kuantitatif yang diolah dengan data panel, penelitian ini menerapkan regresi random ... -
Analisis Pengaruh Produktivitas Tenaga Kerja Sektor Pertanian terhadap Persentase Penduduk Miskin di Pulau Jawa
(2025)Sektor pertanian memiliki peranan penting dalam pengentasan kemiskinan di Indonesia, mengingat sebesar 46,30% rumah tangga miskin menggantungkan penghasilan utamanya dari sektor ini. Dalam menghadapi tantangan ini penelitian ... -
Dampak Ekonomi dan Strategi Pengelolaan Program Dewi Bahari (Studi Kasus: Desa Telukawur, Kabupaten Jepara)
(2025)Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan menginisiasi program Desa Wisata Bahari atau Dewi Bahari untuk memanfaatkan potensi kelautan melalui partisipasi masyarakat. Implementasi program ini memerlukan ... -
Pengaruh Makroekonomi dan Kinerja ESG terhadap Financial Distress pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks SRI-KEHATI
(2025)Kondisi perekonomian global dan nasional selalu mengalami fluktuasi karena dipengaruhi oleh faktor kebijakan pemerintah, kondisi alam, politik, dan sentimen pasar. Pelemahan ekonomi dapat mempengaruhi stabilitas keuangan ... -
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI TINGKAT PENGEMBALIAN PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA UMK KOPERASI SYARIAH BMI
(2025)Koperasi syariah BMI Kota Bogor merupakan salah satu lembaga keuangan yang memberikan solusi pembiayaan bagi pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) melalui skema permodalan berbasis prinsip-prinsip syariah. Namun demikian, ... -
Pengaruh Sikap Subjective Norm Perilaku serta Media Sosial dan FOMO terhadap Intensi Berinvestasi Saham Syariah di Jabodetabek
(2025)Sejak tahun 2020, investasi melalui pasar modal di Indonesia mengalami peningkatan namun secara jumlah maupun secara nilai investor syariah masih kecil. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh sikap, norma subjektif, ... -
Pengembangan Korporasi Peternakan Rakyat SATRIA PADU Menuju Susstainability Melalui Triple Layered Business Model Canvas
(2025)Model bisnis berkelanjutan penting untuk memperkuat ketahanan peternakan rakyat. Penelitian ini mengkaji Korporasi Peternakan Rakyat SATRIA PADU dengan pendekatan Triple Layered Business Model Canvas (TLBMC) yang mencakup ... -
Analisis Nilai Tambah dan Profitabilitas Produk Olahan Mangga Gedong Gincu Pada UMKM Kenanga Mandiri
(2025)Kabupaten Indramayu merupakan sentra utama produksi mangga gedong gincu di Indonesia. Namun, karena mudah membusuk, banyak buah terbuang pascapanen. Pengolahan menjadi sirup dan jus sebagai Solusi untuk meningkatkan nilai ... -
PENGARUH MARKETING MIX 4C TERHADAP MINAT BELI TERNAK (STUDI KASUS KANDANG KOMUNAL SATRIA PADU)
(2025)Persaingan di sektor peternakan menuntut strategi pemasaran inovatif untuk meningkatkan minat beli konsumen. Marketing mix 4C yang terdiri dari customer need, cost, convenience, dan communication menjadi pendekatan yang ... -
Green Marketing Mix, Green Supply Chain Management dan Green Innovation terhadap Sustainability Performance Kosmetik Natural
(2025)Industri kosmetik natural di Indonesia terus berkembang, namun Sustainability Performance masih menjadi tantangan akibat praktik pemasaran, rantai pasok, dan inovasi yang belum sepenuhnya ramah lingkungan. Penelitian ini ...
