My dora (diari konsumsi sayur dan buah) sebagai media edukasi dalam melatih kejujuran dan meningkatkan konsumsi sayur dan buah pada anak sekolah dasar
View/ Open
Date
2014Author
Gunawan, Lidyawati
C, M Mifthah Faridh
Rochmah, Wahyu Siti
Rivyana, Diva Ayu
Astuti, Widya
Damanik, M Rizal M
Metadata
Show full item recordAbstract
Prevalensi konsumsi sayur dan buah pada anak sekolah dasar masih rendah (93,6%) karena berbagai faktor. Hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah pemberian pendidikan gizi kepada anak sekolah dasar yang menarik dan disenangi oleh anak-anak. Inovasi pendidikan gizi tersebut berupa pembuatan diai konsumsi sayur dan buah berupa MY DORA. Kegiatan ini dilaksanakan di SDIT Al Yasmin selama 2 bulan kepada 24 orang siswa-siswi kelas 5. Setiap harinya anak-anak mengisi MY DORA dan diberikan pendidikan gizi seputar sayur dan buah setiap minggunya. Metode yang digunakan dalam pemberian pendidikan gizi berupa ceramah dan games edukasi gizi. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah termotivasinya anak-anak dalam menambah pengetahuan mengenai sayur dan buah yang dilihat dari peningkatan nilai pre-post test. Peningkatan konsumsi sayur dan buah setiap meinggunya namun terjadi penurunan pada akhir program. Secara umum tingkat keujuran anak-anak dikatakan baik yang dilihat dari MY DORA anak-anak yang dibandingkan dengan kuisioner yang diberikan kepada orang tua. Keberlanjutan kegiatan ini adalah pemasangan kalender konsumsi sayur dan buah di kelas, sehingga anak-anak tetap termotivasi untuk mengonsumsi sayur dan buah. MY DORA sebaiknya disosialisasikan kepada seluruh siswa sehingga anak-anak mengalami peningkatan dalam konsumsi sayur dan buah.