“Agrilife ecolifestyle” edukasi berkarakter lingkungan hidup berbasis pertanian kreatif di pondok pesantren al quran wal hadits, bogor
View/ Open
Date
2014Author
Iksan, Andi Muhammad Noor
Mustafa, Ade Brian
Arrahman, Farauq
Ferlandina, Kamila
Kurniasih, Eni
Mutaqin, Kikin Hamzah
Metadata
Show full item recordAbstract
Agrilife Ecolifestyle, merupakan suatu wahana pembentukan karakter dan implementasinya secara berkelanjutan mengenai lingkungan hidup serta program edukasi pertanian kreatif dan kegiatan produktif berbasis pemanfaatan barang bekas pakai secara kreatif. Unsur terpenting dalam pembentukan karakter adalah pikiran, yang di dalamnya terdapat seluruh program yang terbentuk dari pengalaman hidup, merupakan pelopor segalanya.Semakin banyak informasi yang diterima dan semakin matang sistem kepercayaan dan pola pikir yang terbentuk, maka semakin jelas tindakan, kebiasan, dan karakter unik dari tiap individu. Dengan kata lain, setiap individu akhirnya memiliki sistem kepercayaan (belief system), citra diri (self-image), dan kebiasaan (habit). Agrilife sendiri memiliki makna “agri” yang berasal dari kata agriculture (pertanian) dan Life (hidup), agrilife merupakan dinamisasi kegiatan pertanian secara kreatif dan berkelanjutan, didukung informasi yang mencukupi dan lingkungan yang cocok. Sedangkan, ecolifestyle dapat dideskripsikan sebagai gaya hidup ramah lingkungan. Pentingnya ecolifestyle dalam kehidupan sehari-hari diharapkan akan menjadi pembuka jalan untuk memperbaiki rusaknya lingkungan dimulai dari hal-hal yang kecil hingga hal yang kompleks.Tujuan jangka panjang program ini adalah menjadikan santripondok pesantren dan masyarakat sasaran disekitar memiliki kemampuan untuk menjawab tantangan lingkungan akibat eksternalitas negatif yang ditimbulkan, mengaplikasikan kegiatan pemilahan sampah berdasarkan kategori yang ditetapkan, mampu merancang dan membuat produk dari limbah yang ada secara kreatif dan dapat dijadikan sebagai kegiatan wirausaha, kreatif dan terampil dalam membuat rekayasa penyelenggaraan pertanian berbasis sarana dan prasarana ergonomis dan ramah lingkungan, misalnya pelatihan pembuatan vertikultur, pupuk kompos berkualitas, optimalisasi lahan yang mampu mengkombinasikan antara keperluan pertanian berbasis gaya hidup ramah lingkungan. Target khusus dalam kegiatan ini adalah membantu dan memfasilitasi pembentukan karakter kepada santri mengenai arti penting lingkungan dan pertanian. Adapun metode yang akan dipakai dalam program ini adalah metode pembelajaran dengan mengadakan sosialisasi berbasis edukasi yang efektif dan efisien serta memiliki banyak asas manfaat, membuat atmosfer diskusi dengan menyelenggarakan forum diskusi cerdas interaktif berbasis eco-farm. Ringkasnya metode yang dijalankan adalah memberikan motivasi, berbagi edukasi dengan pendekatan pembelajaran persuasif, mengadakan penyuluhan, observasi, peningkatan kreativitas santri dengan berbagai kegiatan edukatif, serta keberlanjutan program.