Pemberdayaan ibu rumah tangga dalam proses pendidikan anak usia dini berbasis lingkungan di desa situ udik kabupaten bogor
View/ Open
Date
2013Author
Nasution, Azwar Hasyim
Sinatria, Teki
Anhar, Fibirianis Puspita
Prihantini, Campina Illa
Anggraeni, Firdha
Ekayani, Meta
Metadata
Show full item recordAbstract
Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan hal yang penting dalam membangun mental dan kepribadian yang baik untuk mengurangi kasus-kasus tawuran pelajar, kriminalitas serta kenakalan remaja yang merupakan hasil pendidikan yang kurang baik di waktu kecil. Pendidikan di Indonesia sebenarnya telah menunjukkan prestasi yang baik. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya putra-putri Indonesia yang berprestasi di level internasional. Namun, permasalahan utama pendidikan indonesia bukan pada kualitas, namun lebih kepada kuantitasnya. Banyak daerah-daerah di pelosok negeri ini yang belum mendapatkan fasilitas pendidikan yang memadai sehingga proses belajar-mengajar tidak dapat berjalan dengan baik. PAUD CBS di desa Situ Udik berupaya menanamkan pendidikan sejak usia dini dengan melaksanakan program PAUD yang memungut biaya secara sukarela, karena kebanyakan masyarakat di desa Situ Udik tidak mampu dan berpendidikan rendah. Tujuan utama dari Program PKMP ini adalah memberdayakan ibu rumah tangga (wali murid PAUD CBS) untuk memanfaatkan dan memberikan nilai tambah terhadap limbah rumah tangga guna mendukung kegiatan PAUD CBS. Program PKMM dapat membantu pelaksanaan kegiatan PAUD bagi masyarakat tidak mampu dan mengurangi limbah rumah tangga sekaligus dapat memberikan pendidikan lingkungan bagi ibu rumah tangga, anak usia dini, dan pengajar PAUD. Pelatihan, pendampingan, dan membuat proyek percontohan mengolah limbah rumah tangga menjadi bahan ajar, kerajinan bernilai ekonomis, dan pembuatan pupuk untuk pertanian organik sistem pot bersusun diberikan kepada ibu wali murid CBS. Program ini dapat dapat menghasilkan bahan ajar dan dana untuk membantu operasional KBM PAUD. Rendahnya pendidikan dan wawasan lingkungan ibu wali murid CBS memerlukan waktu lama dan pembinaan intensif untuk dapat menguasai pengolahan limbah tersebut dan membangun kelembagaan di PAUD CBS sehingga program dapat berkelanjutan. PKM memfasilitasi kerjasama antara PAUD CBS dengan Himpunan Profesi Mahasiswa Departemen Ekonomi Sumberdaya Lingkungan IPB (REESA) yang akan melanjutkan program PKMM dengan menjadikan PAUD CBS sebagai binaan REESA dalam pendidikan lingkungan.