View Item 
      •   IPB Repository
      • Student Papers
      • Program Kreativitas Mahasiswa
      • PKM - Pengabdian kepada Masyarakat
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Student Papers
      • Program Kreativitas Mahasiswa
      • PKM - Pengabdian kepada Masyarakat
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      “Senandung mimpi di atas pasir”: mentoring penguatan cita tuna grahita melalui media pasir di sekolah luar biasa (slb) c dharma wanita kota bogor

      Thumbnail
      View/Open
      Full text (487.6Kb)
      Date
      2013
      Author
      Maulana, Iqbal
      Wahidiyah, Zainudin
      Parlindo, Fitra
      Naufal, Muhammad Fadillah
      Azhari, Ahmad Yasir
      Wachjar, Ade
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Begitu indahnya Tuhan menciptakan anatomi manusia dengan kesempurnaan fungsi fisiologisnya, hingga apa yang disebut mata ini bisa melihat, telinga bisa mendengar, dan tubuh ini peka terhadap gerakan. Namun tidak dipungkiri, keindahan Tuhan tercipta dari sebuah kekurangan yang sengaja ia konsepkan melalui anatomi tubuh dan fungsi fisiologis yang berbeda dari biasanya.Tuhan menciptakan deformasi dan disfungsional tersebut adalah untuk menciptakan sebuah ukiran seni bernama cita, cinta, dan kesabaran. Karena itulah, keterbatasan mestinya bukanlah menjadi kendala bagi kemajuan. Karena orang yang memiliki kemampuan untuk menguasai pikirannya, pasti mampu menguasai segala sesuatu yang layak baginya. Senandung Mimpi di atas pasir merupakan kegiatan mentoring atau pembelajaran dengan membagi kelas besar menjadi beberapa tim kecil yang dipandu dengan mentor. Sasaran kegiatan ini adalah para siswa SLB C Tuna grahita. Kegiatannya berupa identifikasi minat, potensi dan cita-cita melalui kesenian membuat lukisan pasir kemudian dibuat pola gambar dan siswa diminta untuk mengisinya dengan pasir yang berbeda warna, tindak lanjut berikutnya adalah karya tersebut dibuatkan figura. Pada dasarnya penerapan pasir dalam pendidikan dan pembelajaran bagi siswa tuna grahita di SLB/C digunakan untuk membuat proses belajar mengajar menjadi tidak biasa, artinya bisa saja dibuat lebih mudah, menarik, menyenangkan, atau belajar sambil bermain.Bermain dapat menimbulkan keriangan, kelincahan, relaksasi, dan harmonisasi, sehingga anak cenderung bergairah. Selain itu, media pasir mempunyai sifat yang remah dikaitkan dengan kenyataan di lapangan, bahwa terdapat beberapa siswa tuna grahita yang memiliki syaraf motorik sangat rendah dan tidak mampu menggenggam sebuah alat tulis.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73605
      Collections
      • PKM - Pengabdian kepada Masyarakat [251]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository