“Perah jerman” pemasaran buah jeruk medan dengan kemasan sebagai daya tarik untuk peningkatan daya jual produk

View/ Open
Date
2013Author
Kaban, Andal Jumenda
Bangun, Teger Immanuel
Togatorop, Yohanes Tuahbanta
Sinukaban, Yupri Karelius
Mudjajanto, Eddy S
Metadata
Show full item recordAbstract
Jeruk merupakan buah yang berwarna kuning jika telah matang. Konsumsi buah di Indonesia masih dapat dikatakan rendah. Salah satu alasan rendahnya konsumsi buah adalah karena pemasaran buah yang kurang menarik. Oleh karena itu dalam proposal ini dilakukan pemasaran buah khususnya jeruk menggunakan kemasan. Buah jeruk yang digunakan berasal dari Sumatera Utara yang lebih dikenal dengan jeruk Medan. Kemasan yang dibuat berasal dari karton yang akan di desain, kemasan yang digunakan memiliki keunggulan dalam segi mudah dibawa. Setiap kemasan akan diisi buah jeruk seberat 2 kg dan akan dijual dengan harga Rp.45.000 kg per kemasan hingga menghasilkan pendapatan kotor sebesar Rp.4.500.000,- per bulan. Target umum dalam penjualan adalah masyarakat yang suka mengonsumsi buah, dan target umumnya adalah masyarakat yang tidak mengonsumsi buah karena alasan pemasaran yang kurang baik. Lokasi yang akan menjadi tempat penjualan produk adalah minimarket, warung, dan tempat penjualan buah segar. Kegiatan usaha akan dilakukan selama tiga bulan. Modal usaha yang dibutuhkan dalam menjalankan kegiatan usaha ini adalah Rp.10.800.000. Berdasarkan hasil perhitungan pada akhir kegiatan akan diperoleh keuntungan bersih sebesar Rp 2.700.000.,-, sehingga usaha ini layak dilaksanakan karena memberi keuntungan yang besar.
Collections
- PKM - Kewirausahaan [439]