“Warung ramadhan” sebagai pelepas rindu kuliner bulan ramadhan dan sebagai alternative pilihan produk diversifikasi pangan

View/ Open
Date
2014Author
Zulkipli, Alyas
Sari, Emma Amalia
Rifal, Muhammad
Rahman, Fathur
Sa'adah, Nurus
Sarianti, Tintin
Metadata
Show full item recordAbstract
Ramadhan acap kali dikatakan sebagai bulan Berkah, terlebih bagi para pedagang dalam mengais rezeki. Hal tersebut dilihat dari banyaknya kuliner khas Ramadhan yang dijual selama bulan Ramadhan. Akan tetapi proses penjualan kuliner khas Ramadhan tersebut hanya berlangsung sebatas bulan Ramadhan saja. Berdasarkan permasalahan tersebut maka terciptalah ide kewirausahaan kami dengan judul “Warung Ramadhan” sebagai pelepas rindu kuliner bulan ramadhan dan sebagai alternative pilihan produk diversifikasi pangan”. “Warung Ramadhan” merupakan sebuah jenis wirausaha dalam bidang makanan yang menyediakan kuliner khas ramadhan, seperti kolak pisang dan kolak ubi jalar.Tujuan program ini adalah (1) Alternatif pilihan produk diversifikasi pangan yang berpotensi untuk meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia. (2) Menjadi salah satu alternatif peluang usaha sehingga akan terciptanya lapangan pekerjaan baru. (3) Menumbuhkan kretivitas dan jiwa kewirausahaan melalui program ini. (4) Memenuhi permintaan konsumen akan kuliner khas ramadhan yang target pemasarannya pada selain bulan ramdhan. Melalui konsep kuliner bulan Ramadhan dan upaya diversifikasi pangan,diharapkan mampu menjadi tonggak keberhasilan tujuan program ini. Hal itu disebabkan oleh keunikan dan ciri khas suasana Ramadhan juga cita rasa kuliner khas Ramadhan yang sudah tak asing lagi bagi khalayak umum, apalagi upaya diversifikasi pangan yang dilakukan, sehingga memberikan nilai tambah bagi produk “Warung Ramadhan” ini. Produk yang ditawarkan warung ramadhan diantaranya adalah Kolak Ubi Jalar, Kolak Ubi Camping, dan Sate Kurma. Produk tersebut merupakan produk jangka pendek dengan arti tidak menutup kemungkinan bahwa akan ditambah varian produk kuliner ramadhan pada warung ramadhan ini. Harga produk “Warung Ramadhan” yang ditawarkan kepada konsumen adalah harga yang terjangkau di berbagai kalangan masyarakat. Untuk produk kolak ubi jalar, kolak ubi Camping dan sate kurma ini dijual seharga Rp. 6000/cup atau per kotak.
Collections
- PKM - Kewirausahaan [439]