Model Manihot CH3: modifikasi makanan tradisional dengan pemanfaatan cabai hibrida ch3 serta pendukung diversifikasi pangan

View/ Open
Date
2014Author
Destama, Afrian
Dariani, Restu Heni
Sartikawati, Tika
Simanungkalit, Yohanes
Purnama, Riki Laksa
Sulaeman, Ahmad
Metadata
Show full item recordAbstract
Salah satu usaha yang didanai Dikti dalam pelaksanaan PKM-Kewirausahaan di bidang pembuatan makanan tradisional khas Palembang yang dimodifikasi dengan menggunakan Cabai Hibrida CH3 dan tepung singkong adalah Model Manihot CH3. Proses pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan yang mengusung Model Manihot CH3 sebagai produk utama yang kami jalankan ini sudah cukup mencapai target.Sampai saat dilaksanakannnya Monev internal yang pertama, kami telah menetapkan resep dan caraa pembuatan produk yang tepat sehingga menghasilkan produk bermutu yang sesuai dengan selera konsumen. Sejauh ini ada beberapa hasil penting yang telah kami capai, seperti salah satunya adalah resep dan cara pembuatan produk yang tepat sehingga menghasilkan produk bermutu yang sesuai dengan selera konsumen. Selain itu, kami juga telah berkonsultasi dengan dosen pembimbing kelompok kami dan beliau memberi masukan agar proses pemasaran menggunakan sistem franchise dimana kami bekerja sama dengan pihak pengelola kantin serta membuat rencana kerja agar beliau dapat memantau sejauh mana pencapaian dan keberhasilan kami. Untuk tahapan selanjutnya dari pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan akan dilakukan penetapan tempat untuk proses produksi dan penjualan Model Manihot CH3. Tempat penjualan yang menjadi target adalah disekitar Kampus IPB. Untuk menarik perhatian konsumen tempat akan didesain dengan menarik yang menonjolkan/memperlihatkan sifat Model Manihot CH3 yang pedas dan bergizi. Warna untuk tempat penjualan menggunakan warna merah menyala seperti cabai merah. Tetapi jika sebelum mendapatkan tempat yang pas sebagai lokasi usaha, kami menemukan pedagang yang mau bekerja sama dalam proses pemasaran dan penjualan produk ini, kami lebih memilih bekerja sama dengan pedagang tersebut mengingat keterbatasan dana yang kami miliki. Sementara itu proses penyebaran informasi melalui poster dan media sosial tentang model terus dilakukan untuk menambah jumlah calon konsumen yang diharapkan akan menjadi kosumen produk kami ini. Selanjutnya akan menguji atau berinovasi membuat model dengan tampilan yang berbeda dan rasa yang unik. Diferensiasi dari produk Model akan membuat banyak pilihan bagi konsumen, serta untuk meminimalkan kejenuhan konsumen terhadap Model yang biasa.
Collections
- PKM - Kewirausahaan [439]