Analisis Isi Label Pangan Dan Klaim Iklan Televisi Pada Produk Kemasan Makanan Kentang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi label pangan dan klaim iklan televisi pada produk kemasan makanan kentang dengan metode analisis isi. Label pangan dianalisis dengan menggunakan PP Nomor 69 Tahun 1999 dan Undang- Undang Perlindungan Konsumen. Iklan dianalisis dengan menggunakan Undang- Undang Perlindungan Konsumen (UUPK) dan Etika Pariwara Indonesia (EPI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 60 produk makanan kentang berdasarkan ketentuan pelabelan pangan terdiri dari lima unsur. Rata-rata persentase kelima unsur tersebut adalah teknis pencantuman label (94.8%), tulisan pada label (91.7%), keterangan minimum label (95.3%), keterangan lain pada label (87.7%), dan keterangan yang dilarang (94.4%). Terdapat 15 iklan dari 20 iklan yang mencantumkan klaim pada iklan, dimana dua iklan mengandung klaim objektif dan 15 iklan mengandung klaim subjektif. Sembilan dari dua puluh iklan melanggar pasal 17 ayat 1c UUPK, berdasarkan analisis EPI terdapat sembilan iklan yang melanggar bagian isi iklan, dan dua iklan yang melanggar bagian pemeran iklan.