Show simple item record

dc.contributor.advisorSumarwan, Ujang
dc.contributor.authorTriwahyuni, Hayuningtyas
dc.date.accessioned2015-01-13T07:28:58Z
dc.date.available2015-01-13T07:28:58Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73466
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis label pangan dan klaim yang terdapat pada kemasan dan iklan kecap nusantara baik lokal maupun nasional. Variabel yang dianalisis di dalam penelitian ini adalah produk kecap lokal dan nasional, unsur label seperti informasi yang dicantumkan pada label, dan isi klaim pada kemasan dan iklan. Label pangan yang dianalisis adalah label pagan yang terdapat pada kemasan kecap lokal dan nasional dari daerah-daerah di Indonesia. Iklan yang diamati adalah iklan yang tayang pada tahun 2012 dan 2013. Label pangan dan iklan dievaluasi dengan Peraturan Pemerintah No. 69 Tahun 1999 dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Hasil evaluasi menunjukkan masih terdapat label pangan yang belum sepenuhnya mengikuti peraturan. Hasil analisis deskriptif menujukkan terdapat 43 dari 57 total contoh kemasan dan iklan yang memiliki klaim yang bersifat mengelabui. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan implikasi manajerial bagi pelaku usaha agar lebih memperhatikan peraturan terkait perlabelan dan periklanan dalam rangka melindungi konsumen.en
dc.language.isoid
dc.subject.ddcConsumer Scienceen
dc.subject.ddcLabellingen
dc.subject.ddc2014en
dc.subject.ddcBogor-Jawa Baraten
dc.titleAnalisis Isi Label Pangan Dan Klaim Pada Produk Kecap Nusantaraen
dc.subject.keywordanalisis isien
dc.subject.keywordklaimen
dc.subject.keywordlabel panganen
dc.subject.keywordperlindungan konsumenen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record