Analisis Isi Label Pangan Dan Klaim Pada Produk Kecap Nusantara
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis label pangan dan klaim yang terdapat pada kemasan dan iklan kecap nusantara baik lokal maupun nasional. Variabel yang dianalisis di dalam penelitian ini adalah produk kecap lokal dan nasional, unsur label seperti informasi yang dicantumkan pada label, dan isi klaim pada kemasan dan iklan. Label pangan yang dianalisis adalah label pagan yang terdapat pada kemasan kecap lokal dan nasional dari daerah-daerah di Indonesia. Iklan yang diamati adalah iklan yang tayang pada tahun 2012 dan 2013. Label pangan dan iklan dievaluasi dengan Peraturan Pemerintah No. 69 Tahun 1999 dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Hasil evaluasi menunjukkan masih terdapat label pangan yang belum sepenuhnya mengikuti peraturan. Hasil analisis deskriptif menujukkan terdapat 43 dari 57 total contoh kemasan dan iklan yang memiliki klaim yang bersifat mengelabui. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan implikasi manajerial bagi pelaku usaha agar lebih memperhatikan peraturan terkait perlabelan dan periklanan dalam rangka melindungi konsumen.