Kualitas Konsumsi Pangan dan Prestasi Belajar Remaja Stunted dan Normal di SMAN 1 Dramaga, Kabupaten Bogor

View/Open
Date
2014Author
Vedlina, Elda
Kustiyah, Lilik
Dwiriani, Cesilia Meti
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji kualitas konsumsi pangan dan prestasi belajar remaja stunted dan normal di SMAN 1 Dramaga, Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study dengan 166 contoh, yaitu 83 contoh stunted dan 83 contoh normal. Kualitas konsumsi pangan dihitung dengan Mean Adequacy Ratio (MAR) dan bioavailabilitas zat besi berdasarkan data konsumsi pangan yang diperoleh menggunakan food record yang dikonfirmasi dengan food recall. Data prestasi belajar diperoleh dari arsip sekolah. Hasil penelitian menunjukkan kualitas konsumsi pangan contoh stunted dan contoh normal relatif sama. Prestasi belajar (nilai ujian semester dan skor IQ) contoh stunted adalah nyata (p<0.05) lebih rendah daripada contoh normal. Hasil uji korelasi menunjukkan kualitas konsumsi pangan (MAR) berhubungan nyata (p<0.05) dengan status gizi contoh dan status gizi berhubungan nyata (p<0.05) dengan prestasi belajar (nilai ujian semester).
Collections
- UT - Nutrition Science [3026]