Pengaruh Pengetahuan dan Motivasi Mahasiswa terhadap Minat Beli produk Madoe honey IPB
Abstract
Pengetahuan dan motivasi merupakan faktor yang memengaruhi minat beli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan motivasi konsumen terhadap minat beli produk Madoe honey IPB. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study yang dilakukan di IPB Dramaga, Jawa Barat pada bulan April 2014. Jumlah contoh 200 orang yang dipilih secara acak sederhana dengan jumlah proporsional berdasarkan fakultas. Pengetahuan mahasiswa tentang produk Madoe honey IPB tergolong masih rendah. Sedangkan motivasi mahasiswa memiliki motivasi yang cukup. Sebanyak 61,5 % mahasiswa berminat untuk membeli produk Madoe honey IPB. Pengetahuan dan motivasi memiiki hubungan dengan minat beli. Dari hasil uji pengaruh menunjukkan bahwa pengetahuan berpengaruh negatif signifikan terhadap minat beli artinya semakin tinggi pengetahuan maka minat beli akan semakin rendah sedangkan motivasi berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli artinya semakin tinggi motivasi mahasiswa maka semakin tinggi pula minat beli.