Show simple item record

dc.contributor.advisorSumarwan, Ujang
dc.contributor.authorPangestika, Anggie
dc.date.accessioned2015-01-13T02:52:50Z
dc.date.available2015-01-13T02:52:50Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73437
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis label pangan dan klaim pada kemasan dan iklan produk olahan beras. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi. Contoh yang digunakan adalah produk olahan beras yang terdapat di tiga pasar swalayan kota Bogor serta iklan yang tayang di televisi nasional pada tahun 2013-2014. Label pangan dan iklan dievaluasi kesesuaiannya berdasarkan: a) Peraturan Pemerintah No. 69 Tahun 1999, b) Etika Pariwara Indonesia (EPI) dan c) Undang-undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa keseluruhan contoh telah memenuhi 97.9 persen kriteria teknis pencantuman label, 85.3 persen kriteria tulisan label, 86.1 persen kriteria keterangan minimum label, 86.1 persen keterangan lain pada label dan 88.2 persen kriteria keterangan yang dilarang. Selain itu, 55 dari 95 label pangan serta 7 dari 10 iklan produk olahan beras mengandung klaim yang mengelabui konsumen. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan implikasi untuk memperbaiki peraturan label dan iklan pangan yang lebih baik lagi ke depannya.en
dc.language.isoid
dc.subject.ddcConsumer Scienceen
dc.subject.ddcLabellingen
dc.subject.ddc2014en
dc.subject.ddcBogor-Jawa Baraten
dc.titleAnalisis Isi Label dan Klaim pada Kemasan serta Iklan Televisi Produk Olahan Beras.en
dc.subject.keywordanalisis isien
dc.subject.keywordklaimen
dc.subject.keywordlabel panganen
dc.subject.keywordiklan televisien
dc.subject.keywordproduk olahan berasen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record