Show simple item record

dc.contributor.advisorSyaefudin
dc.contributor.authorSyam, Nurmujahidah
dc.contributor.authorArman, Andi Nurzamzam
dc.contributor.authorHamzah, Pratiwi
dc.contributor.authorRahmatullah, Risqi
dc.contributor.authorRasyak, Muhammad Rezki
dc.date.accessioned2015-01-12T03:16:12Z
dc.date.available2015-01-12T03:16:12Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73363
dc.description.abstractEureka, suatu program kreativitas mahasiswa yang berorientasi untuk pelestarian budaya Indonesia yang berdesain elegan, kreatif dan dengan memanfaatkan limbah kayu. Eureka yang dapat dijadikan media edukasi budaya untuk semua kalangan khususnya anak-anak. Idenya adalah menciptakan suatu media edukasi yang tidak hanya bernilai estetika tetapi juga dapat mengedukasi dan melestarikan warisan budaya indonesia, maka diciptakanlah Eureka (Replika Nusantara). Eureka mempunyai prospek yang baik untuk dikembangkan karena mempunyai keunggulan dari segi estetika, edukasi, dan praktis untuk dibawa kemana-mana ataupun sebagai pajangan dan cendera mata khas Indonesia yang diminati oleh berbagai wisatawan domestik dan internasional. Kebudayaan yang diangkat dalam Eureka ini meliputi rumah adat, hewan endemik, corak khas daerah, dan bangunan yang menggambarkan simbol daerah itu. Ornamen-ornamen tersebut akan dibentuk seperti pion-pion yang nantinya akan dipasang diatas media yang berbentuk pulau-pulau di Indonesia. Ornamenornamen ini dijual secara terpisah sehingga pelanggan bisa memilih paket apa yang mereka sukai, misalnya seorang pelanggan ini membeli paket rumah adat saja, atau hanya ingin membeli paket corak khas. Terciptanya Eureka ini diharapkan timbulnya kesadaran masyarakat akan penggunaan produk-produk berbahan baku limbah kayu, dan menambah nilai ekonomis bagi limbah kayu, selain itu dengan terciptanya aneka produk Eureka ini dapat memiliki daya saing tinggi yang berkonsep jelajah nusantara sehingga dapat memperluas daerah produksi dan pemasaran produk. Untuk menguasai pangsa pasar akan media edukatif yang permintaan pasarnya telah melambung tinggi, maka dibuat metodemetode yang dapat medukung pelaksanaan program yang terdiri dari kegiatan pra produksi meliputi survey pasar, pembuatan desain produk, pembelian alat-alat pendukung, pemesanan bahan baku. Pembuatan produk Eureka yang meibatkan pengrajin kayu. Pengemasan . Pemasaran dan Promosi meliputi sistem konsinyasi, sistem Direct Selling, pengadaan agen dengan sistem cabang.en
dc.description.sponsorshipDiktien
dc.language.isoid
dc.publisherBogor Agricultural University
dc.titleEureka(replika khatulistiwa): edukasi jelajah nusantara sebagai wujud pelestarian warisan budaya indonesia, berdesain elegan, edukatif dan modern dari limbah kayuen
dc.typeOtheren


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record