View Item 
      •   IPB Repository
      • Student Papers
      • Program Kreativitas Mahasiswa
      • PKM - Kewirausahaan
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Student Papers
      • Program Kreativitas Mahasiswa
      • PKM - Kewirausahaan
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Tehbuja: alternatif minuman teh ragam khasiat dengan berbahan dasar bunga kamboja putih (plumeria acuminata)

      Thumbnail
      View/Open
      Full text (1.436Mb)
      Date
      2014
      Author
      Dermail, Abil
      Andini, Cynthia Rizki
      Widia, Teni
      Putri, Camelia Rosianti
      Andrian, Nicco
      Rachmina, Dwi
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tehbuja merupakan minuman teh kemasan dengan berbahan dasar bunga kamboja putih (Plumeria acuminata) tanpa pengawet dan pemanis buatan. Proses pembuatannya tidak melibatkan komponen daun teh seperti pada umumnya. Produk ini dikemas dalam bentuk cup berukuran 16 oz dengan rasa original dan disajikan dalam kondisi dingin. Tujuan dan target yang ingin dicapai adalah menjadikan Tehbuja (Teh Bunga Kamboja) sebagai salah satu minuman herbal yang berdaya saing tinggi, ragam khasiat, dan manfaat serta meningkatkan nilai ekonomi bunga kamboja yang berbasis pada sumber daya lokal. Adapun metode yang akan dilakukan agar tujuan tersebut dapat tercapai antara lain dengan mempromosikan Tehbuja baik secara langsung maupun melalui media sosial. Inovasi dan kreasi terus dilakukan secara berkelanjutan mulai dari metode produksi, pengemasan, hingga strategi pemasaran supaya Tehbuja dapat bersaing dan unggul terhadap produk teh lainnya. Metode pelaksanaan mencakup rencana praproduksi, rencana produksi, pemasaran dan promosi. Rencana praproduksi meliputi persiapan alat dan bahan sedangkan rencana produksi meliputi mulai dari pengadaan bahan baku hingga proses pengemasan produk siap konsumsi. Metode pemasaran dilakukan dengan dua cara yaitu sistem jual langsung (direct selling) seperti mendirikan stand dan gerobak (booth) dan sistem titip jual (sistem konsinyasi) di kantin BEM Fakultas Pertanian IPB Dramaga Bogor. Produksi dimulai sejak bulan Juni hingga Juli tahun 2014 dengan total penjualan sebanyak 912 cup sehingga diperoleh omzet sebesar Rp 2.736.000,00 dan laba kotor sebesar Rp 880.000,00. Kepastian keberlanjutan usaha dengan mengusahakan Tehbuja memperoleh label halal dan P.IRT serta bekerja sama dengan Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian IPB dalam membuat kemasan dalam botol.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/73263
      Collections
      • PKM - Kewirausahaan [439]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository