Strategi Pengembangan Usaha Koperasi Mitra Tani Parahyangan Desa Tegallega Kecamatan Warungkondang Cianjur Jawa Barat.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal Koperasi Mitra Tani Parahyangan dan merumuskan alternatif strategi pengembangan usaha untuk Agribisnis Hortikultura Koperasi Mitra Tani Parahyangan. Penelitian dilakukan pada bulan Januari 2014 dengan tiga responden yang merupakan pengurus Koperasi Mitra Tani Parahyangan yang terletak di Cianjur, Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan yaitu matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSP. Matriks IE menunjukan bahwa posisi Koperasi Mitra Tani Parahyangan berada pada sel pertama yaitu posisi “tumbuh dan kembangkan”. Strategi yang sesuai dengan posisi tersebut adalah strategi intensif dan integrative. Matriks SWOT menghasilkan empat strategi alternatif pengembangan usaha yang kemudian diprioritaskan melalui matriks QSP yaitu membuka minimarket khusus sayuran segar, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, mengurangi dampak impor produk sayuran, dan meningkatkan sistem kontrol terhadap kualitas usaha. Prioritas strategi yang direkomendasikan untuk diterapkan oleh Koperasi Mitra Tani Parahyangan adalah membuka minimarket khusus sayuran segar untuk memanfaatkan peluang meningkatkan konsumsi sayuran.
Collections
- UT - Agribusiness [4645]