Pengembangan industri gelling agent berbahan baku sumber daya tropika indonesia melalui komersialisasi jelly buah segar siap saji di kedai jellow

View/ Open
Date
2013Author
Firdaus, Delina Puspa Rosana
Sulistyawati, Tri Wahyu
Rinati, Ristia
Razma, Okky
Aeni, Andi Noer
Indrasti, Dias
Metadata
Show full item recordAbstract
Jelly merupakan panganan kenyal yang memiliki kandungan serat tinggi sehingga memberikan efek kenyang lebih lama daripada jajanan lainnya yang umum dijumpai di pasaran. Salah satu komposisi jelly adalah bahan pambentuk gel yang biasa disebut gelling agent. Tanaman porang hidup subur di kawasan hutan tropis Indonesia. Tanaman ini mengandung glukomanan yang berpotensi dikembangkan untuk bahan gelling agent. Industri pengembangan gelling agent ini sangat berpotensi untuk dikembangkan melihat permintaan yang begitu banyak dan didukung oleh supply yang melimpah. Komersialisasi jeli buah segar siap saji yang dipasarkan melalui kedai Jellow merupakan bentuk langkah awal untuk mengembangkan industri gelling agent berbahan dasar sumber daya tropika khas Indonesia, sehingga Indonesia menjadi negara yang mandiri dalam pemenuhan kebutuhan gelling agent dalam produksi pangan. Dalam jangka panjang, Indonesia tidak lagi tergantung pada Negara lain untuk pemenuhan kebutuhan gelling agent berbagai produk pangan, tetapi benar-benar bisa berdiri secara mandiri dengan memproduksi gelling agent sendiri, yang hebatnya berbahan dasar tumbuhan tropika khas Indonesia. Konsep usaha yang dijalankan bisnis Jellow mengedepankan kualitas dan keunikan produk, pelayanan prima dan kepuasan konsumen. Ketiga hal ini menjadi pondasi utama untuk mencapai suatu budaya usaha yang akan diterapkan pada good attitude perusahaan kami yang bergerak dalam bidang pengolahan gelling agent. Penerapan dengan kejujuran dan profesionalisme yang tinggi akan menjadi pondasi pengembangan industri kami. Modal awal Jellow di dapatkan dari dana direktorat pendidikan Tinggi sebesar Rp.12.350.000. Modal awal ini digunakan untuk pembelian alat-alat seperti kulkas, display market, panci, kompor dan pembiayaan variabel. Target kami pada bulan pertama Jellow akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp 20.000.000. Profit ini akan digunakan sebagai modal penelitian untuk pengembangan usaha.
Collections
- PKM - Kewirausahaan [439]