Kajian Kepuasan Konsumen Lapis Bogor Sangkuriang (Studi Kasus Outlet Cabang Jalan Raya Pajajaran Komplek Ruko Bantar Kemang No.20, Bogor)
Abstract
Persaingan diantara perusahaan sejenis umumnya meliputi persaingan untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan. Upaya untuk menarik dan mempertahankan pelanggandengan menciptakan dan meningkatkan kepuasan konsumen. Penelitian dilakukan di Lapis Bogor Sangkuriang dengan tujuan mengkaji proses keputusan pembelian dan mengkaji tingkat kepuasan konsumen, sehingga hasil kajian diharapkan dapat menjadi pertimbangan perusahaan dalam merumuskan kebijakan untuk perkembangan usahanya. Sampel diambil secara purposive terhadap konsumen yang telah membeli produk lebih dari satu kali dan telah berumur 17 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, kemudian data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil analisis dari proses keputusan pembelian menunjukan bahwa konsumen termotivasi membeli produk yaitu untuk Oleh-oleh dan Toko Amanda Brownies menjadi alternatif toko yang banyak dikunjungi responden, kemudian sumber informasi yang diperoleh konsumen berasal dari teman. Pembelian dilakukan secara terencana dan pelanggan mengunjungi pada hari kerja. Perilaku setelah pembelian produk Lapis Sangkuriang konsumen menyatakan telah puas. Hasil CSI menunjukan bahwa tingkat kepuasan keseluruhan konsumen terhadap pelayanan sebesar 71% dan produk sebesar 76.75%, tingkat kepuasan total terletak diantara rentang 0.66-0.80, yang berarti konsumen telah puas. Hasil dari IPA menunjukan bahwa terdapat atribut-atribut dari pelayanan dan produk yang menjadi prioritas utama yang perlu diperbaiki kinerjanya oleh perusahaan yaitu kemudahan memperoleh informasi, kenyamanan ruangan, kemudahan dalam proses pembelian, kesesuaian menu dengan pesanan, pilihan rasa dan kandungan gizi pada produk.