Show simple item record

dc.contributor.advisorSyamsun, Muhammad
dc.contributor.authorCitrawati, Yulia
dc.date.accessioned2014-12-29T02:23:26Z
dc.date.available2014-12-29T02:23:26Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/72574
dc.description.abstractBeberapa tahun terakhir hijab mulai menjadi tren dikalangan wanita di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa hijab mampu menjadi menambah daya tarik seorang muslimah. Sehingga untuk dapat memaksimalkan penampilan dilakukanlah perawatan yang berbasis syariah serta halal. Salon muslimah merupakan salah satu bentuk usaha yang banyak berkembang seiring dengan trend hijab. Banyaknya bermunculan bisnis salon muslimah membuat persaingan dalam dunia kecantikan muslimah tersebut semakin ketat, sehingga untuk dapat bertahan dan terus berkelanjutan, perusahaan harus mempunyai strategi promosi yang baik dam kreatif sehingga mampu bertahan dan menghasilkan pemasaran yang efektif dan efesien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi yang lebih tepat bagi salon muslimah House of Khadijah serta memberikan rekomendasi yang tepat bagi House of Khadijah agar promosi menjadi efektif dan efesien. Agar mampu mecakup pasar yang lebih luas maka,diperlukan identifikasi faktor-faktor bauran pemasaran serta faktor-faktor yang berpengaruh dalam penyusunan strategi promosi House of Khadijah. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analytical Hierarchy Process (AHP). Analisis dilakukan dengan identifikasi bauran pemasaran pada perusahaan meliputi delapan P yaitu produk, harga, distribusi, promosi, orang, proses, pelayanan, kualitas, serta bukti fisik. Kegiatan yang dilakukan oleh House of khadijah meliputi kegiatan penjualan perorangan, iklan, promosi, publisitas dan humas, penjualan langsung . Faktor-faktor yang teridentifikasi sebagai faktor penyusun strategi promosi perusahaan jasa salon muslimah House of Khadijah adalah STP (Segmentation, Targeting, Positioning), Sumber Daya Manusia (SDM), Siklus Hidup Produk (DSP), anggaran dan pesaing. Sedangkan aktor-aktor yang berpengaruh dalam penyusunan strategi promosi adalah owner (pemilik), pimpinan perusahaan (business direktur), manajer pemasaran, staff. Tujuan yang ingin dicapai dalam pemilihan strategi promosi salon House of Khadijah adalah menginformasikan produk jasa, meningkatkan penjualan, menyakinkan konssumen dan membujuk pelanggan, mengingatkan pelanggan dan menghadapi pesaing. Dari hasil pengolahan AHP dengan faktor diatas maka, hasil analisis AHP menyatakan bahwa meningkatkan pemasaran secara langsung (0,299) merupakan prioritas utama pada alternatif strategi promosi, kemudian diikuti oleh prioritas kedua yaitu meningkatkan promosi yang telah dilakukan bobot nilai (0,272), prioritas ketiga yaitu meningkatkan kegiatan personal selling (0,153), prioritas keempat adalah melakukan promosi dengan periklanan (0,151), prioritas alternatif strategi terakhir adalah melakukan hubungan baik masyarakat, publisitas dan humas (0,126).en
dc.language.isoid
dc.publisherBogor Agricultural University
dc.titlePenerapan analytical hierarchy process dalam pemilihan bauran promosi pada salon muslimah (studi kasus house of khadijah, bogor)en
dc.typeUndergraduate Thesisen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record