Show simple item record

dc.contributor.advisorNoor Yuliati, Lilik
dc.contributor.authorOde Sofia Zahrah A, Wa
dc.date.accessioned2014-12-18T06:27:47Z
dc.date.available2014-12-18T06:27:47Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/72215
dc.description.abstractNiat komplain merupakan tindakan berupa keluhan yang akan dilakukan oleh konsumen ketika barang dan jasa yang digunakan tidak sesuai dengan harapan. Keluhan yang akan disampaikan oleh konsumen sangat ditentukan oleh pengetahuan dan kesadaran akan hak dan kewajiban konsumen yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pengetahuan dan kesadaran terhadap niat komplain pada barang dan jasa. Disain penelitian ini menggunakan cross sectional study dengan metode survei yang dilakukan di Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Penelitian ini melibatkan 90 contoh, yang dipilih dengan menggunakan teknik purposif. Hasil penelitian menunjukkan hanya tiga jenis barang yang bermasalah setelah dibeli yaitu, gadget, fashion (pakaian, kosmetik, sepatu atau sandal), dan kendaran (mobil, motor, dan sepeda) memiliki hubungan yang signifikan untuk responden berniat melakukan komplain. Tingkat pengetahuan objektif dan kesadaran hak dan kewajiban tergolong tinggi sedangkan pengetahuan objektif tentang komplain, pengetahuan subjektif hak dan kewajiban serta komplain tergolong sedang. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan tidak memengaruhi niat komplain, tetapi kesadaran memengaruhi niat komplain. Selain itu, faktor yang memengaruhi niat komplain pada barang dan jasa adalah akses infomasi, dan ketidakpuasan konsumen.en
dc.description.abstractComplaint intentions is the action in the form of complaint that will be carried out by the consumer when the goods and services that are used are not in line with expectations. Complaints that will be submitted by the consumers is determined by the knowledge and awareness of the rights and obligations of consumers owned. The purpose of this research was to analyze the influence of knowledge and awareness toward complaint intentions on goods and services. The design of the research was used a cross-sectional study with a survey methods on Paledang Village, District of Central Bogor, Bogor. The research involved 90 samples, which were selected by using purposive technique. The results showed that only three types of problemtic goods after purchasing (gadgets, fashion (clothes, cosmetics, shoes or sandals), and the vehicle) have a significant relationship with complaint intentions of respondent. The level of objective knowledge and awareness of rights and obligations are classified high, whereas the objective knowledge about the complaints, subjective knowledge about the rights, obligations and complaints are classified moderate. The results showed that knowledge didn’t affect the intention of complain, but awareness affected the intention of complain. Moreover, factors that influenced the complaint intentions on goods and services were the amount of information access, and consumer’s dissatisfaction.en
dc.language.isoid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)
dc.titlePengaruh pengetahuan dan kesadaran terhadap niat Komplain pada barang dan jasaen
dc.typeUndergraduate Thesisen
dc.subject.keywordhak dan kewajiban konsumenen
dc.subject.keywordkesadaranen
dc.subject.keywordniat komplainen
dc.subject.keyworddan pengetahuanen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record