Show simple item record

dc.contributor.advisorSumarwan, Ujang
dc.contributor.authorsetiyawan, Febrika
dc.date.accessioned2014-12-18T04:09:50Z
dc.date.available2014-12-18T04:09:50Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/72128
dc.description.abstractFEBRIKA SETIYAWAN. Analisis Isi Klaim Hijau pada Iklan Televisi. Dibimbing oleh UJANG SUMARWAN. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi iklan televisi yang menggunakan klaim hijau dengan metode analysis isi. Variabel yang dianalisis didalam penelitian ini adalah produk yang diiklankan, karakteristik tayangan video iklan, sifat pesan iklan, dan klaim hijau. Iklan yang dianalisis adalah iklan yang diunggah di TVCOnair pada periode 1 November 2012 hingga 31 Desember 2012. Iklan tersebut dievaluasi menggunakan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 (UUPK) dan Etika Pariwara Indonesia (EPI) atau Tata Krama dan Tata Cara Periklanan Indonesia (TKTCPI). Berdasarkan evalusai dan kesesuaian dengan tayangan iklan dengan Etika Pariwara Indonesia (EPI) atau Tata Krama dan Tata Cara Periklanan Indonesia (TKTCPI) dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen, ada 4 tayangan iklan yang memenuhi Undang-Undang Perlindungan Konsumen, ada 29 tayangan iklan yang memenuhi Etika Pariwara Indonesia (EPI) atau Tata Krama dan Tata Cara Periklanan Indonesia (TKTCPI), dan ada 7 tayangan iklan yang sudah memenuhi Undang-Undang Perlindungan Konsumen dan Etika Pariwara Indonesia (EPI) atau Tata Krama dan Tata Cara Periklanan Indonesia (TKTCPI). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa sebagian besar tipe klaim hijaunya berorentasi produk (61,67%). Hasil penelitian ini harapannya negara selaku pemerintah lebih tegas dan ketat dalam memberlakukan, mengawasi, dan mengontrol pelaksanaan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 (UUPK) dan Etika Pariwara Indonesia (EPI).en
dc.description.abstractFEBRIKA SETIYAWAN. Content Analysis of Green Claims in Television Advertisements. Supervised by UJANG SUMARWAN. The aim of this study was to analyze the contents of television advertisements which use green claim using content analysis method. There are four variables which been analyzed, kind of product, characteristics of television advertisements, and green claims. Analyzed advertisement took from TVCOnair in a perioed from November 1st 2012 until December 31st 2012. Furthermore, those advertisements evaluated by Undang-undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 (UUPK) and Etika Pariwara Indonesia (EPI). An evaluation shows that there are only 4 advertisements fulfilled Undang-undang Perlindungan Konsumen’s advertising standards, 29 advertisements fulfilled Etika Pariwara Indonesia’s advertising standards and only 7 advertisements fulfilled both standards. Descriptive analysis showed that most of them type of green claim’s are product oriented (61,67%).en
dc.language.isoid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)
dc.titleAnalisis isi klaim hijau pada iklan televisien
dc.typeUndergraduate Thesisen
dc.subject.keywordanalisis isien
dc.subject.keywordEPIen
dc.subject.keywordperlindungan konsumenen
dc.subject.keywordperaturanen
dc.subject.keywordUUPKen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record