Show simple item record

dc.contributor.advisorHardjomidjojo, Hartrisari
dc.contributor.authorAlaydrus, Anissha Hud
dc.date.accessioned2014-12-10T06:23:11Z
dc.date.available2014-12-10T06:23:11Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/71208
dc.description.abstractPenentuan HPP penting sebagai dasar penentuan keputusan strategis seperti penentuan harga jual yang akan mempengaruhi keuntungan perusahaan. Tujuan penelitian antara lain : mengevaluasi metode yang digunakan perusahaan dalam penetapan HPP, menghitung nilai HPP menggunakan metode Activity Based Costing (ABC), membandingkan hasil antara kedua metode, dan memberikan saran perbaikan kepada perusahaan. Hasil menunjukkan bahwa PT X menggunakan metode konvensional dalam penentuan HPP. Perbedaan antara metode konvensional dan metode ABC menghasilkan nilai HPP Rp 5 375.26 dan Rp 5 682.23 untuk produk galon, sementara menghasilkan nilai HPP Rp 1 756.13 dan Rp 1 431.22 untuk produk botol 330 ml. Penelitian menunjukkan bahwa PT X telah menetapkan harga jual produk botol 330 ml saat ini hanya Rp 1 000.00 sementara, perusahaan hanya mendapatkan 12.58% keuntungan dari perhitungan harga jual. Saran untuk perusahaan sesuai dari hasil yang didapatkan adalah menaikkan volume produksi untuk mencapai analisis titik impas, menaikkan harga jual AMDK galon untuk mencapai target perusahaan, dan diharapkan menggunakan program aplikasi yang dirancang untuk memudahkan penentuan HPP bedasarkan metode ABC.en
dc.language.isoid
dc.titleEvaluasi Penetapan Harga Pokok Penjualan Air Minum Dalam Kemasan pada PT X dengan Metode Activity Based Costingen
dc.subject.keywordHarga Pokok Penjualan (HPP)en
dc.subject.keywordmetode Activity Based Costing (ABC)en
dc.subject.keywordair minum dalam kemasanen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record