Minuman Khusus Ibu Hamil dan Ibu Menyusui: Pemenuhan terhadap Standar Nasional Indonesia dan Persepsi Konsumen
Abstract
Terdapat 52 produk minuman khusus untuk ibu hamil dan ibu menyusui pada kurun tahun 2007-2011. Standar untuk produk tersebut masih ditetapkan bersifat sukarela, berdasarkan pertimbangan keamanan dan kesehatan bagi konsumen, badan otoritas regulasi dapat menetapkan standar tersebut menjadi wajib. Adapun tujuan dari studi ini adalah: (1) mengevaluasi tingkat kesesuaian kandimgan gizi yang tercantum pada label produk minuman khusus ibu hamil dan ibu menyusui dengan Standar Nasional Indonesia (SNI); (2) menghitung pemenuhan zat gizi yang tercantum pada label produk terhadap angka kecukupan gizi (AKG) ibu hamil dan ibu menyusui; (3) menganalisis persepsi konsumen terhadap produk minuman khusus ibu hamil (n=60) dan ibu menyusui (n=60). Berdasarkan kriteria penilaian yang digunakan, minuman khusus untuk ibu hamil dan menyusui yang tidak memenuhi standar berturut-turut sebesar 87% dan 59%. Persentase pemenuhan komponen zat gizi yang terkandung dalam produk minuman khusus ibu hamil dan ibu menyusui per saji terhadap AKG bervariasi mulai dari 1% hingga 62%. Hasil survei menunjukkan bahwa 43% ibu hamil dan 48% ibu menyusui menganggap bahwa keberadaan produk tersebut penting. Kandungan gizi produk merupakan faktor yang penting sebagai pertimbangan dalam membeli bagi ibu ibu hamil (32%) dan ibu menyusui (33%). lbu hamil (65%) dan ibu menyusui (64%) menyatakan bahwa membeli produk atas insiatif sendiri. Sebesar 77% ibu hamil dan 54% ibu menyusui menyatakan bahwa produk tersebut bermanfaatan untuk memenuhi kebutuhan gizinya.