Pemasaran Agribisnis (Agrimarketing)
Abstract
Tataniaga atau Pemasaran Agribisnis merupakan mata kuliah yang memiliki kompetensi agar mahasiswa dapat mengerti aliran produk pertanian mulai dari tingkat petani (usahatani) sebagai produsen primer sampai produk di tangan konsumen akhir. Dalam aliran produk ini banyak melibatkan perusahaan-perusahaan yang melakukan aktivitas bisnis dengan tujuan memperoleh keuntungan melalui kepuasan konsumen atau pelanggan. Selain itu, pemasaran juga penting bagi individu perusahaan (firm) karena perusahaan dapat mengetahui, menganalisis, dan memenuhi apa yang diinginkan konsumen (pelanggan) terhadap produk perusahaan maupun perilaku perusahaan lain (pesaing). Buku ini mempunyai tujuan menganalisis Pemasaran Agribisnis dari perspektif makro dan perspektif mikro. Pengertian Pemasaran Agribisnis dari perspektif makro, mencoba menjelaskan sistem pemasaran secara menyeluruh mulai dari komoditi di tingkat petani produsen sampai produk tersebut di konsumen akhir. Pendekatan ini dari aspek ekonomi, menganalisis aktivitas bisnis yang ada (fungsi-fungsi pemasaran), perusahaan-perusahaan yang terlibat, biaya dan marjin pemasaran, penentuan harga, pasar dari aspek ruang /wilayah dan waktu, kebijakan-kebijakan yang ada dalam aliran komoditi tersebut termasuk perdagangan internasional (impor-ekspor).