Manajemen Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum (Studi Kasus di Institut Pertanian Bogor)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menggambarkan pelaksanaan pengelolaan/manajemen Pendidikan Agama Islam (PAI) di Perguruan Tinggi Umum (PTU-Non Keagamaan). Lokasi yang dipilih adalah Institut Pertanian Bogor (IPB). Penelitian ini menggunakan teknik studi kasus, karena itu termasuk penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan cara melakukan wawancara mendalam, analisis dokumentasi dan pengamatan partisipatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen PAI di IPB secara umum meliputi: 1) Program pengadaan dosen baru (penentuan kebutuhan, rekrutmen dan seleksi, dan pengangkatan dan penugasan), 2) Manajemen pembagian jadwal mengajar (Koordinator mengundang dosen, dosen diminta memilih hari, jam dan kelas sesuai dengan kesiapan, dan memilih dosen pendamping), 3) Manajemen pembelajaran PAI (Kuliah, Asistensi, dan Stadium General), dan 4) Program tindak lanjut.