Show simple item record

dc.contributor.advisorSarma, Ma’mun
dc.contributor.authorZahra, Iradati
dc.date.accessioned2013-07-23T06:45:02Z
dc.date.available2013-07-23T06:45:02Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/64862
dc.description.abstractPT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Bogor merupakan salah satu cabang dari pelopor bank syariah di Indonesia yang mengeluarkan produk-produk inovatif berbasiskan syariah. Salah satu produk unggulannya adalah Tabungan Muamalat. Strategi perusahaan pada produk Tabungan Muamalat yang perlu dilakukan agar ekspansi penerimaan terhadap produk tersebut dapat diterima dengan baik oleh kalangan masyarakat, serta dapat bersaing dengan kompetitor yang mengeluarkan produk yang sejenis. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) mengidentifikasikan faktor-faktor internal dan eksternal produk Tabungan Muamalat pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Bogor, 2) menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada pemasaran produk Tabungan Muamalat PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Bogor, dan 3) memberikan alternatif strategi pemasaran yang terbaik pada produk Tabungan Muamalat untuk PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Bogor. Data penelitian bersumber dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi atau pengamatan langsung di lokasi perusahaan melalui wawancara dan kuesioner. Data sekunder diperoleh dari studi pustaka, internet dan literatur-literatur dari perusahaan. Wawancara dan kuesioner tersebut dilakukan terhadap empat orang karyawan Relationship Manager Marketing Funding. Perolehan alternatif strategi didapatkan dari matriks SWOT dan untuk memilih strategi yang terbaik dengan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan hasil analisis matriks IFE dan EFE, diketahui bahwa kekuatan utama yang dimiliki PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Bogor adalah Sumber Daya Insani yang berkualitas dan beriorientasi pada pelayanan sedangkan kelemahan utamanya adalah kerjasama dengan chanelling yang hanya untuk produk tertentu saja. Peluang utama bagi PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Bogor adalah masih luasnya pangsa pasar bank syariah secara nasional, sedangkan ancaman yang dihadapi adalah semakin lengkap dan inovatif fitur produk bank pesaing yang dilengkapi dengan teknologi canggih. Berdasarkan QSPM diperoleh alternatif strategi pemasaran yang tepat dalam penelitian ini adalah market penetration strategy.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Muamalat PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Bogoren


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record