Show simple item record

dc.contributor.advisorSyamsun, Muhammad
dc.contributor.advisorIndrawan, R. Dikky
dc.contributor.authorYuliawati, Irma
dc.date.accessioned2013-07-23T05:31:56Z
dc.date.available2013-07-23T05:31:56Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/64861
dc.description.abstractPerkembangan ekonomi berjalan sangat cepat seiring menciptakan persaingan bisnis yang amat ketat sehingga dibutuhkan strategi komunikasi pemasaran yang tepat. Strategi komunikasi pemasaran yang cukup efektif adalah dengan word of mouth marketing melalui Social media. Salah satu produk yang saat ini banyak diperbincangkan dalam social media adalah es krim Wall’s Magnum. Setiap konsumen jika dilihat berdasarkan gender juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam melakukan pembelian produk ini. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis efektivitas informasi es krim Wall’s Magnum di social media sampai terjadinya pembelian nyata jika dilihat berdasarkan gender (2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian es krim Wall’s Magnum oleh konsumen berdasarkan gender. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui pemberian kuesioner kepada responden yang membeli es krim Wall’s Magnum dan pernah melihat status social media tentang es krim Wall’s Magnum. Data sekunder diperoleh melalui: studi literatur, internet, dan hasil penelitian terdahulu yang berkaitan dan masih relevan untuk digunakan. Alat analisis yang digunakan adalah Consumer Decision Model (CDM) dan korelasi kanonik. Pengolahan data dalam penelitian menggunakan microsorft excel, Minitab 14, SPSS 15 dan Statistic versi 8. Hasil analisis dengan menggunakan Consumer Decision Model (CDM) menunjukkan bahwa informasi yang disampaikan melalui social media menjadi lebih efektif mempengaruhi pembelian nyata konsumen mahasiswi melalui tiga variabel perantara, yaitu pengenalan merek (B), kepercayaan konsumen (C), dan sikap konsumen (A). Oleh karena itu, informasi yang diperoleh dari social media tidak dapat meningkatkan pembelian es krim Wall’s Magnum jika menonjolkan niat beli konsumen (I). Pada konsumen mahasiswa, informasi yang dilihat di social media (F) menjadi lebih efektif mempengaruhi pembelian konsumen melalui satu variabel perantara saja, yaitu kepercayaan konsumen (C). Dengan demikian, informasi yang dilihat di social media tidak meningkatkan pembelian es krim Wall’s Magnum jika hanya menonjolkan sikap konsumen (A) dan niat beli konsumen (I) karena informasi yang dilihat di social media (F) yang banyak menonjolkan sikap konsumen dan niat beli konsumen kurang berhasil meningkatkan pangsa pasarnya. Hasil analisis dengan menggunakan korelasi kanonik menujukkan bahwa faktor yang paling mempengaruhi konsumen mahasiswi terhadap pembelian nyata es krim Wall’s Magnum berdasarkan bobot kanonik dan beban kanonik pada analisis korelasi kanonik adalah faktor wiraniaga (0,561) dan ukuran kemasan (0,506). Pada konsumen mahasiswa, faktor yang paling berpengaruh terhadap pembelian nyata es krim Wall’s Magnum adalah faktor keluarga (1,03), manfaat penggunaan (0,717) dan variasi rasa (0,56) karena faktor-faktor tersebut memiliki nilai lebih dari 0,5 pada bobot kanonik dan nilai loading di atas 0,5.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Efektivitas Social Media dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Es Krim Wall’s Magnum Berdasarkan Gender (Studi Kasus Mahasiswa Program Diploma IPB)en


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record