Analisis Strategi Pemasaran Melon Varietas Musk Dan Gold PT Rejo Sari Bumi Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor
Abstract
Dukungan pemerintah terhadap pengembangan sektor pertanian sangat besar. Upaya-upaya pemerintah terus dilakukan dalam produksi dan kualitas pertanian yang baik agar Produk Domestik Bruto (PDB) pertanian setiap tahun dapat meningkat. PT Rejo Sari Bumi merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pertanian dan peternakan. PT RSB menjadi pilihan dalam penelitian dikarenakan perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan yang membudidayakan melon varietas Musk dan Gold. Perusahaan yang telah berdiri dari tahun 1995, telah berhasil membuat produk-produk unggulan, baik produk holtikultura maupun produk di dalam komoditas lainnya. Data penjualan dan produksi melon varietas Musk dan Gold menunjukkan bahwa PT RSB mengalami kelebihan produksi melon, kelebihan produksi melon diduga karena melon tidak terjual habis, melon yang cacat dan melon yang tidak sesuai ukuran/ standar yang diinginkan oleh pembeli. Oleh karena itu PT RSB dapat meningkatkan promosi produknya secara berkesinambungan dan meningkatkan sarana dan prasarana yang dapat meminimalisir kecacatan hasil panen, pada kenyataanya masih besar peluang pasar pada melon, maka dari itu dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat sasaran. Tujuan Penelitian ini adalah : (1) Menganalisis strategi pemasaran melon yang telah dijalankan oleh PT RSB, (2) Menganalisis faktor-faktor lingkungan eksternal dan internal perusahaan yang dihadapi oleh PT RSB, dan (3) Merumuskan alternatif strategi perusahaan terbaik di PT RSB. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh dari pengamatan langsung di lapangan dan data yang diperoleh dari hasil wawancara dan pengisian kuesioner responden pilihan. Data sekunder merupakan data pendukung dari data primer yang diperoleh yaitu data yang dimiliki oleh PT RSB dan studi literatur yang terkait seperti Dinas Pertanian, penelitian terdahulu, LSI Bogor, berbagai situs internet dan bahan pustaka lain yang relevan. Berdasarkan analisis matrik IFE diperoleh kekuatan utama yang dimiliki perusahaan adalah kualitas produk melon dengan skor 0,420, dan sedangkan yang menjadi kelemahan yang utama perusahaan adalah kegiatan promosi dengan skor 0,294. Berdasarkan analisi matriks EFE diperoleh peluang utama bagi perusahaan adalah teknologi pertanian yang modern dengan skor 0,363. Sedangkan yang menjadi ancaman utama bagi perusahaan adalah Kekuatan tawar menawar pemasok tinggi dengan skor 0,255. PT Rejo Sari Bumi dalam pemasarannya menempati posisi dalam sel IV. Posisi ini menunjukkan bahwa perusahaan berada pada posisi Growth and Build (tumbuh dan berkembang). Berdasarkan analisis QSPM diperoleh lima alternatif strategi yang dapat dilakukan perusahaan yaitu : 1) Memperbesar ukuran buah pada melon Musk dan Gold dengan TAS 6,976, 2) Menganekaragamkan bentuk buah pada melon Musk dan Gold dengan TAS tertinggi 7,391, 3) Menambah tingkat kemanisan pada melon Musk dan Gold dengan TAS 7,215, 4) Menambah produksi buah dalam 1 tanaman lebih dari 2 buah dengan TAS 6,974. Alternatif strategi terbaik yang bisa dilakukan oleh PT RSB yaitu menganekaragamkan bentuk buah pada melon Musk dan Gold. Adanya Produksi melon yang berlebih menuntut PT RSB untuk meningkatkan selera konsumen dalam menkonsumsi buah melon sehingga konsumen lebih tertarik lagi dengan adanya inovasi-inovasi pada buah melon dan konsumen lebih bebas dalam memesan bentuk buah yang diinginkan. Dengan adanya berbagai bentuk buah yang disediakan diharapkan dapat menjadi solusi terbaik pada strategi pemasaran melon Musk dan Gold. Dan kelebihan produksi ini dapat teratasi. Oleh sebab itu, pihak manejemen perusahaan membutuhkan strategi pemasaran khususnya untuk menganekaragamkan bentuk buah pada produk melon Musk dan Gold, dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan melon Musk dan Gold.
Collections
- UT - Aquaculture [1988]