Show simple item record

dc.contributor.advisorAminah, Mimin
dc.contributor.authorPermata, Eko Nur
dc.date.accessioned2013-05-28T07:47:11Z
dc.date.available2013-05-28T07:47:11Z
dc.date.issued2013
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/63854
dc.description.abstractBerkembangnya industri pariwisata di kota Bogor ditunjukkan dengan meningkatnya tempat-tempat wisata yang ada di kota Bogor. Salah satu tempat wisata yang ada di kota Bogor adalah Kebun Raya Bogor (KRB). KRB merupakan kebun botani yang terletak di pusat kota Bogor. Keberadaan KRB sebagai hutan kota memberikan manfaat bagi keseimbangan pelestarian lingkungan di kota Bogor. Berdasarkan laporan kunjungan tahunan yang didapat dari Sub Bagian Jasa dan Informasi pada tahun 2011 jumlah pengunjung KRB mengalami penurunan kunjungan sebesar -7,04%. Penurunan tersebut menurut Kepala Bagian Jasa dan Informasi disebabkan oleh fasilitas wisata yang kurang lengkap, tidak adanya atraksi wisata, berkembangnya tempat-tempat wisata yang ada di kota Bogor, dan keinginan konsumen yang beragam dalam berwisata. Berdasarkan kondisi tersebut maka pengetahuan pengelola wisata terhadap konsumen sangat diperlukan dikarenakan konsumen yang berkunjung ke KRB memiliki keinginan yang berbeda-beda terhadap jasa yang ditawarkan. Penelitian ini menganalisis tentang perilaku konsumen terutama mengenai proses pengambilan keputusan konsumen dan kepentingan konsumen terhadap obyek wisata alam KRB yang berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No. 13, Bogor dan dilakukan pada bulan April sampai dengan Juni 2012. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan karakteristik konsumen KRB, (2) menganalisis proses pengambilan keputusan konsumen KRB, (3) menganalisis faktor yang dipentingkan konsumen terhadap atribut jasa wisata KRB. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode judgment sampling sebanyak 100 responden. Analisis data dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Reliabilitas, Uji Kai Kuadrat, Analisis Deskriptif, dan Analisis Faktor. Pengolahan data dibantu dengan menggunakan Microsoft Excel 2007 dan program SPSS versi 15 for windows. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa konsumen KRB mayoritas berjenis kelamin laki-laki (60%), dengan rentang usia 25-32 tahun (37%) dan sudah menikah (57%). Sebagian besar konsumen sudah bekerja sebagai pegawai swasta (66%), dengan rata-rata pendapatan Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000 (30%). Tingkat pendidikan terakhir konsumen adalah SMA (52%). Dilihat dari asal kedatangan konsumen berasal dari kota Bekasi (37%). Berdasarkan analisis diketahui bahwa proses pengambilan keputusan konsumen terhadap jasa wisata KRB dimulai dengan tahap pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian dan pasca pembelian. Pada tahap pengenalan kebutuhan, tujuan utama konsumen berkunjung ke KRB adalah rekreasi (91%). Pada tahap pencarian informasi, sumber informasi konsumen paling besar didapatkan melalui keluarga atau teman (73%) dan focus perhatian tentang KRB adalah suasana yang tenang dan segar (48%). Pada tahap evaluasi, pertimbangan utama konsumen dalam memilih KRB adalah lokasi yang mudah dijangkau (44%). Tahap 3 pengambilan keputusan, hal yang membuat konsumen pertama kali memutuskan berkunjung ke KRB adalah lokasi yang mudah dijangkau (34%). Pada tahap pasca pembelian, sebagian besar konsumen menyatakan suka setelah berkunjung ke KRB (62%) dan puas (61%). Dari hasil analisis faktor terhadap kelima dimensi jasa wisata Kebun Raya Bogor diperoleh faktor yang paling dipentingkan konsumen adalah jaminan (63,5%), perhatian (53,2%), kesigapan (52,2%), keandalan (46,1%), berwujud (45,5%). Berdasarkan hasil pengolahan data, faktor yang paling dipentingkan pada faktor jaminan adalah kesopanan dan keamanan dan kenyamanan yang dirasakan konsumen selama berada di KRB (87,1%), faktor perhatian adalah kemampuan pemandu wisata KRB dalam berkomunikasi dengan konsumen (83,2%), faktor kesigapan adalah kecepatan karyawan dalam melayani konsumen (81,4%), faktor keandalan adalah kemampuan petugas KRB dalam pelayanan kepada konsumen KRB (80,2%), faktor berwujud adalah penampilan pegawai KRB (83,8%).en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis faktor yang dipentingkan konsumen terhadap atribut jasa Wisata Kebun Raya Bogoren


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record