Show simple item record

dc.contributor.advisorAminah, Mimin
dc.contributor.authorWulandari, R. E. Putri
dc.date.accessioned2013-04-24T01:42:16Z
dc.date.available2013-04-24T01:42:16Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62774
dc.description.abstractPerkembangan perusahaan Perbankan Indonesia semakin lama semakin meningkat jumlahnya sehingga mengakibatkan persaingan yang tinggi, baik dalam penghimpunan dana maupun penyaluran kredit. Berbagai bank baik pemerintah maupun swasta saat ini sedang berlomba-lomba dalam memperebutkan hati masyarakat agar mempercayakan uangnya untuk disimpan di bank. Bank Tabungan Negara (BTN) didirikan pertama kali dengan nama Bank Tabungan Pos (BTP), pada tanggal 9 April 1950, berdasarkan Undang-Undang darurat No. 9 Tahun 1950. Tahun 1953 BTP berubah menjadi Bank Tabungan Negara (BTN) sampai dengan sekarang. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Mengidentifikasi karakteristik nasabah penabung Tabungan Batara BTN Kantor Cabang Bogor, (2) Menganalisis faktor-faktor dominan yang mempengaruhi kepuasan nasabah BTN Kantor Cabang Bogor, (3) Mengetahui hubungan antara kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah BTN Kantor Cabang Bogor. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil pengisian kuesioner oleh nasabah yang memiliki tabungan Batara di BTN Cabang Bogor. Sedangkan data sekunder diperoleh dari data kantor BTN Cabang Bogor, literatur, baik buku yang memuat teori-teori, dan hasil penelitian terdahulu. Teknik pengambilan contoh dilakukan dengan menggunakan metode Convinience sampling, jumlah contoh ditentukan dengan rumus slovin yaitu sebanyak 100 nasabah. Jenis data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara, pengamatan langsung dilapangan dan pengisian kuesioner oleh nasabah yang memiliki tabungan Batara di Bank Tabungan Negara Tbk Kantor Cabang Bogor. Sedangkan data sekunder diperoleh dari data kantor BTN Cabang Bogor, literatur, baik buku yang memuat teori-teori, dan hasil penelitian terdahulu. Metode analisis yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis korelasi product moment. Dari hasil analisis faktor diperoleh faktor-faktor yang dominan yang mempengaruhi kepuasan nasabah adalah multiguna produk (66%), system antrian (71,7%), kemudahan bertransaksi (58,1%), dan biaya administrasi (67,6%). Sedangkan dari analisis korelasi diperoleh hasil bahwa diantara faktor-faktor kepuasan nasabah yang memiliki hubungan nyata dengan loyalitas adalah faktor biaya, dimana antara faktor biaya dan loyalitas memiliki hubungan yang searah yaitu jika kepuasan terhadap harga/biaya meningkat maka akan diikuti juga dengan peningkatan loyalitas nasabah tabungan batara.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Faktor-Faktor Kepuasan Nasabah yang Mempengaruhi Loyalitas Nasabah Tabungan Batara (Studi Kasus : PT Bank Tabungan Negara, Tbk, Cabang Bogor)en


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record