Show simple item record

dc.contributor.advisorSuroso, Arif Imam
dc.contributor.authorRonie, Rarisa Trisasi Buana
dc.date.accessioned2013-04-24T01:26:57Z
dc.date.available2013-04-24T01:26:57Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62765
dc.description.abstractTelevisi sebagai media massa yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dalam memberikan informasi, serta dapat menjadi sarana media hiburan dan pendidikan. Perkembangan dunia pertelevisian dan siaran televisi di Indonesia yang kian marak memunculkan bisnis televisi berbayar atau TV kabel sejak 16 tahun lalu dan menambah semarak bisnis hiburan melalui media layar kaca, salah satunya PT Indonusa Telemedia yang mulai meluncurkan produknya yaitu TELKOMVision pada Tahun 2007 dan YES TV pada tahun 2009. Produk yang perusahaan keluarkan belum lama memasuki pasar televisi berbayar maka TELKOMVision-YES TV harus memiliki strategi promosi yang tepat untuk mengembangkan dan mempertahankan usahanya dalam persaingan tersebut. Penelitian dilakukan pada PT Indonusa Telemedia (TELKOMVision-YES TV) Jakarta selama dua bulan (Maret-April). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menidentifikasi kegiatan promosi yang sudah dilakukan perusahaan (2) Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan strategi promosi perusahaan, (3) Menganalisis aktor serta tujuan yang berpengaruh dalam penyusunan strategi promosi dalam perusahaan, (4) Merumuskan dan memilih Alternatif strategi promosi yang tepat untuk diterapkan di perusahaan. Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) menggunakan bantuan software Expert Choice versi 11 dan Microsoft Excel dapat membantu peneliti untuk menentukan tingkat prioritas pada suatu hierarki. Kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan meliputi periklanan, penjualan pribadi (personal selling), promosi penjualan, publisitas dan hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Analisis terhadap faktor penyusun strategi promosi TELKOMVision-YES TV mengidentifikasikan enam faktor, yaitu: Segmentation, Targeting, Positioning (STP), karakteristik pasar, pesaing, karakteristik pelanggan, karakteristik produk dan sumber daya manusia (SDM). Aktor yang berpengaruh dalam penyusunan strategi perusahaan adalah Vice President of Sales, Public Relation Officier, Costumer Care Manager, Co-Branding Manager, Product Management Manager. Tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan adalah menginformasikan produk kepada pelanggan sasaran, mempengaruhi dan membujuk pelanggan sasaran, dan meningkatkan pendapatan perusahaan. Hasil dari penelitian yang didapat adalah prioritas strategi promosi yang dapat dipilih adalah TELKOMVision-YES TV melakukan promo bundling secara aktif dengan produk Telkom dan anak perusahaan Telkom lainnya baik diacara on air ataupun off air sebagai alternatif strategi pilihan pertama (0,256). Alternatif selanjutnya adalah aktif melakukan kerjasama dengan media cetak ataupun elektronik dan stakeholder lainnya, Melakukan kegiatan off air dan on air promo dalam skala besar atau kecil, melakukan promo dengan memberikan merchant-merchant lifestyle ataupun produk lainnya, dan Melakukan kegiatan promosi yang telah dilakukan perusahaan sebelumnya sebagai alternatif terakhir.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Strategi Promosi TELKOMVision-YES TV pada PT Indonusa Telemedia Jakartaen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record