Show simple item record

dc.contributor.advisorSyamsun, Muhammad
dc.contributor.advisorIndrawan, R. Dikky
dc.contributor.authorYandini, Susanti
dc.date.accessioned2013-04-23T07:09:18Z
dc.date.available2013-04-23T07:09:18Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62740
dc.description.abstractAxe merupakan salah satu merek deodoran khusus pria yang terkenal di Indonesia. Ketatnya persaingan di pasar deodoran pria, mendorong perusahaan melakukan promosi dengan beriklan di televisi. Mahalnya biaya iklan di televisi mengharuskan perusahaan Axe untuk menganalisis mengenai efektivitas iklan tersebut pada kelompok pengguna maupun bukan pengguna Axe. Dengan mengetahui efektivitas pada kedua kelompok maka perusahaan dapat mengetahui strategi apa yang dapat dilakukan untuk mempertahankan dan menarik konsumen untuk berpindah merek. Selain iklan, perusahaan juga harus mencari tahu faktorfaktor yang mempengaruhi niat beli terhadap deodoran pria pada kedua kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis kelompok mana yang paling efektif dalam menerima pesan iklan Axe, (2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli antara kelompok pengguna Axe dan bukan pengguna Axe, (3) Memberi rekomendasi berupa strategi pemasaran kepada perusahaan Axe. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang berasal dari penelitian terdahulu milik Sofi Dinda Permatasari (2010). Alat analisis dalam penelitian ini adalah analisis diskriminan. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program Microsoft Excel 2007, SPSS version 15.00 for windows dan Minitab 14. Iklan Axe “versi Call Me” yang ditayangkan di televisi telah efektif diterima oleh kelompok pengguna Axe dan bukan pengguna Axe. Ini dapat dilihat dari variabel seperti pesan iklan yang dapat diterima dengan baik, merek Axe yang dikenal oleh kedua kelompok, kepercayaan terhadap iklan yang ditayangkan, sikap positif terhadap iklan yang ditayangkan dan juga niat beli yang muncul dari kedua kelompok tersebut. Namun, kelomok yang paling efektif dalam menerima pesan klan Axe adalah kelompok pengguna Axe, hal ini dapat dilihat dari niat beli yang muncul pada kelompok ini lebih besar dibanding kelompok bukan pengguna Axe. Variabel status sosial, pengaruh keluarga, wiraniaga, variasi aroma, ukuran, merek, pengetahuan tempat pembelian, kepribadian dan media lebih mempengaruhi niat beli pada kelompok pengguna Axe. Untuk niat beli kelompok bukan pengguna Axe lebih dipengaruhi oleh variabel pengaruh teman, suasana tempat pembelian, pengeluaran, pekerjaan, kemasan, harga, manfaat, atribut, kepercayaan, gaya hidup, iklan, dan pengalaman.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis Diskriminan Terhadap Efektivitas Iklan Televisi Axe dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Beli Deodoran Pada Pengunjung Pria Supermal Karawacien


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record